nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kacang Sangrai Kunci Kelezatan Lotek Kalipah Apo Bandung

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 15:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 19 298 1198846 kacang-sangrai-kunci-kelezatan-lotek-kalipah-apo-bandung-wKQNINL5Vh.jpg Lotek kalipah apo (Foto:Devi/Okezone)

SELALU ada bahan yang menjadi kunci kelezatan sebuah hidangan. Seperti kuliner legendaris Lotek Kalipah Apo yang wajib menggunakan kacang sangrai dalam olahannya.

Dilihat sekilas, tak ada bedanya antara lotek dengan gado-gado. Tapi Anda akan tahu bedanya ketika menyantapnya.

Bahan sayuran yang digunakan untuk membuat lotek tidak sebanyak bahan pembuatan gado-gado. Satu penjual lotek ternama di Bandung yakni Lotek Kalipah Apo memiliki keunggulan pada bumbunya.

"Kacang kami disangrai bukan digoreng jadi tidak mengandung minyak yang berlebihan dan rasanya lebih enak," kata Lidya pemilik lotek kalipah apo saat ditemui Okezone di warungnya di Bandung, Jawa Barat.

Seporsi lotek kalipah apo berisi kol, tauge, bayam dan nangka muda. Kemudian sayuran ini diaduk bersama bumbu kacang yang dihaluskan dengan campuran bumbu seperti cabai merah, bawang putih, kencur dan gula merah.

Proses pematangan kacang tanah yang disangrai membuat bumbu lotek terasa lebih creamy. "Teksturnya lebih kental tapi lembut, ini salah satunya karena kacang yang disangrai. Selain itu, kami tetap menghaluskan bumbu pakai cara tradisional yakni diuleg," jelas wanita ramah yang menjadi generasi ketiga di Lotek Kalipah Apo Bandung ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini