nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Segarnya Rujak Banci Hanya Ada di Bandung

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2015 04:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 19 298 1199010 segarnya-rujak-banci-hanya-ada-di-bandung-gA1afFYMrP.jpg Rujak banci di Bandung (Foto:Devi/Okezone)

RUJAK cuka atau rujak cocol mungkin sudah biasa, bagaimana rasanya rujak banci? Mendengar namanya saja mungkin Anda sudah tergelitik. Tapi jika dicicipi, rujak banci ini akan membuat lidah Anda enggan berhenti 'bergoyang'.

Dinamakan rujak banci karena seporsi rujak berisi sayuran dan buah ini diberi kuah rujak cuka lalu diberi sambal rujak cocol. Jadi ada dua saus sekaligus dalam satu sajian rujak. “Awalnya bingung mau kasih nama apa, karena pakainya sambal cuka dan sambal cocol gula merah jadi ya sudah dikasih nama rujak banci,” cerita Lidya, pemilik usaha rujak banci kepada Okezone di Bandung, Jawa Barat.

Rujak yang disajikan dalam mangkok ini berisi potongan bangkuang, nanas, tauge, mentimun, jambu air dan juga kedondong. Rujak ini semakin spesial karena disajikan dengan taburan bubuk kacang.

Okezone berkesempatan mencicipi lezatnya rujak banci ini. Sebelum disantap, rujak ini harus diaduk terlebih dahulu agar semua bumbu tercampur rata. Rasa segar langsung terasa ketika suapan pertama masuk ke dalam mulut. Dominasi rasa asam, pedas dan manis tercampur dalam kuahnya. Potongan buah dengan tekstur renyah terasa pas dimakan bersama kuahnya.

Waktu paling tepat untuk menikmati rujak banci ini adalah siang hari saat matahari sedang terik bersinar. Penasaran dengan rasanya? Rujak ini ditawarkan di tempat makan lotek kalipah apo yang beralamat lengkap di Jalan Kalipah Apo, nomor 42 Bandung, Jawa Barat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini