nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rizal Ramli Ingin Jadikan Danau Toba sebagai Monaco Asia

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 07:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 19 406 1198565 rizal-ramli-ingin-jadikan-danau-toba-sebagai-monaco-asia-mER8oryhzi.jpg Rizal Ramli ingin jadikan Danau Toba sebagai Monaco Asia (Foto: Okezone)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli ingin menjadikan Danau Toba sebagai Monaco Asia. Hal itu juga sesuai rencana pemerintah yang ingin membangun tujuh top destinasi Indonesia sampai 2019.

"Danau Toba kita ingin jadikan Monaco-nya Asia," kata Rizal di kantornya, Jakarta, Selasa, 18 Agustus 2015.

Rizal menuturkan, syarat utama menjadikan sektor pariwisata Indonesia didatangi banyak turis mancanegara adalah faktor keamanan dan kenyamanan dari lokasinya itu sendiri.

"Turis akan datang kalau aman dan nyaman. Kita akan berdiskusi dengan kolega kita Menkopolhukam," tambahnya.

Mengenai model, kata Rizal, pembangunan untuk menjadi Monaco Asia akan meniru seperti Nusa Dua, Bali yang sejak dulu hanya hamparan tanah gersang dan pemerintah awalnya membangun infrastruktur jalan dan listrik.

"Jangan sampai turis kita gelap-gelap, lalu air bersih dan sanitasi, kalau jorok turis tidak datang. Lalu kita ubah design-nya. Untuk bangun Danau Toba, kita ubah manajemen modern jangan sampai dari ujung ke ujung yang dagang kopi dan sate semua. Kita undang arsitek dan planner paling top," kata dia.

"Jadi, danau Toba dibangun seperti Nusa Dua. Kita bangun, kita rapikan, setelah itu harus ada airport. Kita ingin perhubungan membangun airport tidak jauh dari danau Toba, jadi turis bisa datang langsung dari China," tukas dia.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini