Fakta Membuktikan Jadi Orangtua adalah Sulit

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2015 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 24 196 1201830 fakta-membuktikan-jadi-orangtua-adalah-sulit-hitrYfkcOd.jpg Jadi orangtua adalah hal yang sulit (Foto: Theodysseyonline)

TIDAK perlu sebuah penelitian tingkat tinggi untuk membuktikan bahwa hidup seseorang akan berubah drastis setelah memiliki anak. Riset membuktikan bahwa transisi menjadi orangtua menimbulkan efek traumatis lebih parah dari yang Anda bayangkan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa satu tahun setelah kelahiran anak pertama ternyata menimbulkan efek samping traumatis yang lebih parah dari bercerai, kehilangan pekerjaan, dan kematian pasangan. Sulit dipercaya bukan?

Penelitian yang dilakukan di Jerman tersebut bertujuan untuk mengetahui mengapa pasangan yang awalnya berencana memiliki dua anak akhirnya memutuskan hanya memiliki satu anak. Para peneliti mewawancarai 2000 orang untuk menanyakan apa yang mereka rasakan setelah punya anak. Setiap tahun, para peserta diminta untuk menilai tingkat kebahagiaan dan kepuasan dari skala nol (sangat tidak puas) hingga 10 (sangat puas).

Hasilnya, pasangan menikah umumnya sangat bahagia pada waktu 3-5 tahun sebelum anak pertama lahir. Tingkat kebahagiaan dan kepuasan tersebut kemudian mencapai titik terendah setelah kelahiran anak.

Hanya 30 persen partisipan mengaku mereka sama bahagianya seperti sebelum punya anak. Selebihnya, 70 persennya mengatakan dua tahun pertama setelah bayi lahir adalah pengalaman terburuk.

Para peneliti menemukan, trauma menjadi orangtua menyebabkan kebahagiaan menurun 1,4 poin. Jumlah tersebut lebih banyak dari penurunan kebahagiaan akibat bercerai yang hanya 0,6 poin, dan kehilangan pekerjaan, serta kematian pasangan yang masing-masing ada di angka 1 poin.

Kesimpulannya, orang-orang yang kebahagiaan yang merosot setelah memiliki anak akhirnya tidak memutuskan untuk tidak memiliki anak lagi. Demikian seperti dilansir dari Indiatimes, Senin (24/8/2015).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini