nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebutaan Meningkat Akibat Pemakaian Kontak Lensa Jorok

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2015 17:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 24 481 1201653 kebutaan-meningkat-akibat-pemakaian-kontak-lensa-jorok-DmqBWh2oq5.jpg Kebutaan meningkat akibat salah pemakaian kontak lensa (Foto: Artemedica)

HAMPIR semua orang yang memakai lensa kontak melakukan kesalahan penggunaan yang menempatkan mereka pada risiko kebutaan, sebuah laporan baru memperingatkan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention) pada 1.000 orang dewasa, menemukan 99 persen dari mereka melanggar salah satu aturan penting dalam memakai lensa kontak.

Jumlah pemakai kontak telah berkembang selama 20 tahun terakhir untuk memperbaiki penglihatan mereka. Seperti dilansir dari Dailymail, Senin (24/8/2015), laporan tersebut menemukan fakta yang mengkhawatirkan, yaitu kegagalan penggunanya untuk membersihkan lensa kontak dengan benar.

Lebih dari separuh pemakai mengaku mengenakan kontak mereka saat tidur semalaman. Sementara hampir sembilan dari 10 orang tidur siang dengan lensa mereka. Kebiasaan buruk seperti tidak mengganti solusi lensa kontak dapat menyebabkan infeksi mata yang meningkatkan risiko keratitis atau peradangan kornea yang dapat menyebabkan kebutaan.

Namun kekhawatiran terbesar dari studi tersebut adalah, banyak orang yang membilas lensa kontak mereka di air keran, menggunakannya saat mandi atau pergi berenang. Lebih dari delapan dari sepuluh orang mengakui mandi saat memakainya dan enam dalam sepuluh menggunakan lensa kontak saat berenang.

Lebih dari sepertiga orang mengatakan mereka membilas lensa mereka di bawah keran, sementara hampir 17 persen mengatakan mereka merendamnya dalam air keran semalaman. Para ahli mengatakan ini meningkatkan risiko infeksi secara signifikan.

Meskipun air keran rumah tangga aman untuk minum, air tidak steril dan mengandung mikroorganisme yang dapat mencemari kontak dan menyebabkan infeksi mata. Mikroogranisme penyebab infeksi juga dapat ditemukan dalam air keran dan kolam renang, yang kemudian ditransfer ke mata melalui lensa yang kotor.

Keratitis juga dapat disebabkan goresan dari kuku saat memasang atau mengambil lensa. Sementara itu, setengah dari pemakai mengaku mereka pernah memakai lensa kontak yang telah melewati tanggal kadaluwarsa dan tidak menggantinya seperti yang disarankan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini