Pengalaman Orangtua saat Balita Tanya soal Pacar

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2015 06:23 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 26 196 1202612 pengalaman-orangtua-saat-balita-tanya-soal-pacar-xAcUuwc0gK.jpg Anak tanya soal pacar (Foto: Huffingtonpost)

MENGEJUTKAN memang bagi orangtua ketika anak yang baru masuk TK tiba-tiba bertanya soal pacar. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak sangat cepat menyerap apa yang dia dengan di sekitar. Terlebih ketika mereka berada di lingkungan umum di mana perbincangan orang dewasa tidak bisa disaring anak.

Seorang ibu bernama Brittany yang memiliki putri berusia lima tahun, menuliskan pengalamannya di situs Familyshare, Rabu (26/8/2015). Ia sangat terkejut ketika putrinya bertanya, ‘apakah ibu punya pacar di sekolah dulu? Apa yang ibu lakukan?” Awalnya ia terkejut, namun tak lama berselang pertanyaan tersebut membuatnya tertawa. Kemudian, sang ibu menjawab pertanyaan anak dan memasukan pesan dalam penjelasannya.

Beri jawaban

Jawab jujur pertanyaan anak Anda, apabila punya katakan ‘ya’. Jelaskan kapan Anda punya pacar, berapa usia saat itu, dan apa tujuannya. Misalnya untuk mengenal karakter lawan jenis atau memberi semangat untuk belajar.

Pacar bukan tujuan

Meski Anda telah berkata jujur, jangan lupa jelaskan bahwa pacar bukan tujuan. Satu-satunya penentu sukses hidudp seseorang adalah bagaimana dia belajar dan berprestasi di sekolah. Apa bila memiliki pacar jangan bergantung pada hubungan tersebut.

Akan ada penyesalan

Orangtua perlu menjelaskan kepada anak, bagaimana hubungan kekasih di masa sekolah hanya akan menimbulkan penyesalan. Terutama ketika anak terlalu dekat dengan kekasihnya. Hubungan dapat menyita waktu belajar dan banyak pria tak setia. Itu hanya akan memberi rasa sesal.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini