Kentang Dieng Terkenal karena Empuknya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 04 September 2015 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 04 298 1208126 kentang-dieng-terkenal-karena-empuknya-63yeybReMV.jpg Kentang dieng (Foto:Antarafoto)

SELAIN keindahan alamnya, Dieng juga dikenal sebagai sentra penghasil kentang terbesar di Indonesia. Kentang khas Dieng pun terkenal karena rasanya yang empuk.

Kentang banyak digunakan sebagai salah satu bahan makanan yang umum dijadikan bahan campuran atau diolah langsung sebagai hidangan. Tekstur empuk dan rasanya yang lezat membuat banyak orang gemar mengonsumsinya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dieng menjadi salah satu daerah penghasil kentang terbesar di Indonesia. Kawasan yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah ini menghasilkan kentang berkualitas nomor satu alias terbaik. Teksturnya yang empuk membuat kentang dieng memiliki keistimewaan sendiri.

Kentang dieng memiliki karakteristik yang berbeda dengan kentang pada umumnya karena ditanam di dataran tinggi. Suhu yang dingin dan tanah yang subur membuat kentang dieng tumbuh dengan baik. Secara bentuk, kentang ini memiliki ukuran yang sedang dengan kulitnya terlihat lebih terang dan bersih meskipun banyak sisa tanah yang menempel.

Ketika diolah dengan cara digoreng, kentang dieng menghasilkan kentang goreng yang empuk. "Kentangnya lebih empuk jadi pas dimakan enak," kata Sri salah satu penjual kentang goreng di kawasan Candi Arjuna, Dieng.

Tak sulit menemukan penjual olahan kentang di Dieng karena hampir di sepanjang jalan banyak penjual kentang goreng yang menjajakan dagangannya. Serporsi kentang goreng dieng ini dijual seharga Rp10 ribu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini