nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gurih Sedapnya Soto Medan di FKS 2015

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 04 September 2015 14:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 04 298 1208236 gurih-sedapnya-soto-medan-di-fks-2015-S7eYfyyxLp.jpg Soto medan di FKS 2015

FESTIVAL Kuliner Serpong (FKS) 2015 menyuguhkan ragam makanan khas Sumatera Utara (Sumut). Salah satu sajian khas Sumut yang wajib Anda coba adalah gurih sedapnya soto medan.

Anda bisa mencicipi sajian ini digerai Asli Soto Medan Muara Karang. Meski gerainya aslinya berada di Jakarta, tapi resep dan sajian ini merupakan hidangan soto khas Medan. Ada tiga pilihan soto yang bisa dinikmati.

Soto medan ayam (dengan lauk suwiran daging ayam), soto medan sapi (dengan lauk daging sapi), dan soto medan perkedel (dengan lauk perkedel kentang). Okezone penasaran bagaimana rasa soto medan ini dan langsung memesan soto medan sapi.

Saat disajikan, potongan daging sapi, perkedel kentang disiram dengan kuah soto dan taburan daun bawang. Kuahnya hampir mirip dengan soto betawi lantaran terdapat campuran santan.

"Bedanya dengan soto santan lain, soto medan ini rempahnya lebih banyak," jelas salah satu staff gerai Asli Soto Medan Muara Karang kepada Okezone di Serpong, Tangerang.

Ketika dicicipi, kuah soto medannya terasa gurih, namun sedikit asin. Nampaknya sajian ini nikmat disantap dengan nasi putih, sehingga rasa asinnya bisa sedikit ternetralisir di mulut.

Rasa kuah sotonya juga hampir mirip dengan soto santan lainnya. Tapi, soto medan ini seperti ada aroma dan cita rasa rempah yang beragam.

Hidangan ini sangat terasa khas saat disantap. Begitu pula dengan daging sapinya, terasa gurih dan berbumbu. Sepertinya sebelum dicampurkan ke kuah soto, daging sapi sudah diberi bumbu, sehingga saat disantap ada rasa gurih berbumbu saat daging sapi dikunyah.

Belum lagi dengan potongan perkedel kentang yang khas. Nampaknya ini jadi salah satu ciri khas soto medan. Tekstur perkedel yang lembut disantap dengan kuah soto memberikan pengalaman berbeda saat bersantap hidangan soto.

Untuk Anda yang suka pedas, ada sambal ijo yang disuguhkan sebagai pelengkap. Sambal ijo memang punya rasa yang tidak terlalu pedas, tapi ketika dicampurkan, soto ini jadi terasa nikmat lantaran ada aroma cabai hijau dari sambel tersebut. Satu porsi soto medan sapi dibanderol seharga Rp35 ribu tidak termasuk nasi putih.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini