Uniknya Wedang Ronde Dieng Pakai Emping Melinjo

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 04 September 2015 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 04 298 1208316 uniknya-wedang-ronde-dieng-pakai-emping-melinjo-1Zt805lVqM.jpg Ilustrasi wedang ronde (Foto:Masteresep)

LAZIMNYA, wedang ronde berisi ronde, kacang tanah, biji mutiara, kolang kaling serta potongan roti tawar. Tapi ada keunikan tersendiri saat menyantap wendang ronde khas Dieng, yaitu ada tambahan emping melinjo.

Wedang ronde mungkin bukan lagi minuman asing bagi masyarakat Indonesia. Minuman hangat dengan rasa jahe yang kuat ini menjadi andalan ketika udara sedang dingin.

Tapi ada yang unik jika Anda menikmati wedang ronde di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Wedang ronde yang disuguhkan di sini bisa dikatakan unik, karena ada tambahan bahan isian yang tak lazim, yakni emping melinjo.

Setelah bahan isian diletakkan dalam gelas, kemudian air rebusan jahe disiramkan ke dalam gelas hingga hampir penuh. Bahan terakhir yang ditambahkan yaitu beberapa keping emping melinjo di bagian atasnya. Emping yang bertekstur renyah kemudian akan melunak karena terkena air jahe hangat.

Okezone kemudian mencicipi hangatnya segelas wedang ronde ini. Air jahe hangat terasa langsung memenuhi rongga tenggorokan. Berbagai bahan isian dengan tekstur yang beragam membuatnya semakin lezat. Belum lagi emping melinjo yang terasa pahit gurih ketika disuapkan ke dalam mulut. Rasanya kontras memang jika disatukan dengan jahe yang pedas dan isian yang manis, tapi ini menjadi satu keunikan tersendiri dari wedang ronde khas Dieng.

Untuk menikmati segelas wedang ronde ini Anda cukup mengeluarkan uang senilai Rp12 ribu. Wedang ronde ini banyak dijajakan di pinggir jalan sepanjang jalan di Dieng, para pedagang mulai menawarkan dagangannya saat malam mulai menjelang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini