Ini Buah Unik Hanya Ada di Dieng

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 04 September 2015 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 04 298 1208500 ini-buah-unik-hanya-ada-di-dieng-y0Bz1jJo70.jpg Buah carica khas Dieng (Foto:Wisatadieng)

MAKANAN atau minuman khas dari berbagai daerah memang sudah umum tapi bagaimana jika buah? Di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, ternyata ada buah khusus yang memang hanya bisa tumbuh di Dieng.

Buah ini disebut carica (karika), jika dilihat dari pohonnya pasti Anda beranggapan ini adalah pohon pepaya karena memang penampakannya sama persis. Tetapi jika dilihat buahnya tentu berbeda. Buah carica berbentuk bulat kecil dengan kulit berwarna hijau.

"Ini (carica-red) sebenarnya buah pepaya tapi karena ditanamnya di dataran tinggi yang suhunya rendah maka jadinya enggak tumbuh sempurna," kata Pri, salah satu penduduk asli Dieng kepada Okezone.

(Foto:Indonesiakaya)

Pria paruh baya ini juga mengatakan jika bibit carica dibawa ke daerah bersuhu panas maka yang tumbuh adalah buah pepaya bukan carica.

Karena banyak tumbuh di Dieng, masyarakat sekitar sering membuat buah ini menjadi berbagai olahan. Bahkan masyarakat Dieng menjadikan olahan buah ini sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pengunjung.

Beberapa olahan dari buah carica antara lain adalah manisan, dodol dan sirup carica. Semua olahan ini dijual hampir di seluruh tempat pusat penjualan oleh-oleh di Dieng dengan harga dan kemasan yang beragam.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini