Keropok Basah Favorit Presiden Jokowi di Pontianak

Dina Prihatini, Jurnalis · Senin 07 September 2015 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 07 298 1209504 keropok-basah-favorit-presiden-jokowi-di-pontianak-Iko1aKDk4k.jpg Keropok basah khas Kapuas Hulu (Foto:Bapakdodo)

MENIKMATI kuliner di Kalimantan Barat (Kalbar), belum sah jika belum mencoba panganan khas dari kabupaten terujung dan serambi negerinya Kalbar, yakni Kapuas Hulu.

Meski namanya berarti kerupuk basah tetapi bentuknya sama sekali tidak seperti kerupuk. Sebelum dipotong-potong, kerupuk basah lebih mirip dengan otak-otak hanya saja lebih besar dan lebih besar. Keropok basah, nama makanan yang sangat digemari oleh masyarakat lokal maupun turis dari mancanegara.

Ita, yang sudah semenjak kecil menjual keropok basah mengatakan, keropok basah digemari karena terbuat dari ikan segar yang juga merupakan ikan khas Kapuas Hulu.

"Keropok basah paling enak yang terbuat dari ikan belidak, meski mahal tetapi banyak dicari orang," ungkapnya kepada Okezone, Minggu 6 September 2015.

Selain ikan belidak, dijelaskan Ita, keropok basah juga bisa dibuat dari ikan toman. Campurannya tepung kanji, bawang putih serta bumbu penyedap. Sebelum disajikan dengan bumbu kacang, keropok basah dikukus terlebih dahulu.

"Ada yang minta digoreng dulu sebelum dimakan, ada juga yang senang rasa asli, yaitu saat dikukus langsung disiram dengan bumbu kacang," jelasnya.

Penikmat keropok basah, Hayari, pegawai salah satu instansi pemerintah yang sering mengunjungi Kapuas Hulu mengaku, tidak pernah lupa membawa panganan tersebut kembali ke Pontianak untuk buah tangan.

"Ini makanan khas Kapuas Hulu yang memang enak rasanya, dan saya tidak pernah tidak membawa pulang karena anak-anak senang sekali kerupuk basah," jelasnya.

Ia menjelaskan, jika di rumah keropok basah sebelum dinikmati digoreng terlebih dahulu dengan menggunakan kocokan telur.

"Bisa langsung digoreng, bisa juga langsung dimakan setelah dikukus. Tergantung kreatifitas dan selera masing-masing," katanya.

Bahkan, ditambahkan Hayari, saat Presiden RI, Joko Widodo datang berkunjung ke Pontianak, keropok basah adalah salah satu makanan favorit Pak Presiden.

Keropok basah dibanderol seharga Rp20 ribu yang terbuat dari ikan belidak, namun untuk ikan toman dibanderol Rp10 ribu. Kemasan keropok basah sendiri harus dibekukan dan diberi tepung sebelum dibungkus agar tahan lama.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini