nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Bantu Orang dengan Kecenderungan Bunuh Diri

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 11 September 2015 15:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 11 481 1212508 cara-bantu-orang-dengan-kecenderungan-bunuh-diri-9b6D4c8xhY.jpg Ilustrasi konsultasi dengan ahli kejiwaan (Foto: Psychology-careers)

TANPA kita sadari, banyak orang-orang di sekeliling kita yang mungkin pernah terpikir untuk mengakhiri diri karena depresi yang mereka hadapi. Ciri-ciri orang yang memiliki potensi ini bisa kita lihat langsung. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka?

“Kita harus menjadi lebih peka supaya kita tahu siapa yang harus ditolong, karena kita tidak pernah tahu siapa yang sedang berjuang atau mencoba mereggut nyawanya sendiri,” kata Benny Prawira, founder “Into The Light”, satu gerakan remaja peduli kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri di Indonesia, Jumat (11/9/2015).

Benny, yang ditemui dalam media briefing dalam rangka Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia 2015, mengungkapkan bahwa hal yang terpenting untuk mengidentiikasi kecenderungan seseorang untuk bunuh diri adalah melihat adanya perubahan perilaku.

“Perubahan bisa dari yang ceria jadi pemurung, tadinya gampang bersosialisasi jadi menarik diri, dari yang sebelumnya nggak pakai narkoba jadi pengguna, menyetir jadi ugal-ugalan, dan yang paling bahaya itu kalau sudah ‘saying good bye’ atau kata-kata perpisahan,” tuturnya yang ditemui di Kantor Kemenkes RI, Jakarta.

Bila sudah indikasi di atas, Benny menyarankan agar kita tidak ragu bertanya apakah orang tersebut memiliki keinginan untuk bunuh diri. Tapi kita harus pelan-pelan. Untuk mulai pendekatan bilang kepadanya ‘kayaknya kamu ada perubahan perilaku’, kata Benny.

“Saat dia mulai mau bercerita banyak, coba tanya apakah di situasi seburuk itu dia punya keinginan untuk bunuh diri. Bila ada bujuk dia untuk mendatangi psikiater atau psikolog, yang bukan hanya untuk orang dengan ‘sakit jiwa’. Kita bisa menjadi atau mencari pendamping yang baik untuk mereka,” tutupnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini