Share

Manfaat Kunyit untuk Kehidupan Sehari-Hari

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 13 September 2015 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 13 481 1213330 manfaat-kunyit-untuk-kehidupan-sehari-hari-OFDhO03hkx.jpg Manfaat kunyit (Foto: Prevention)

KUNYIT yang banyak ditambahkan dalam makanan nenek moyang dan kita sehari-hari bisa menjadi rahasia sehat yang tidak kita sadari. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi, antioksidan, antitumor, antibakteri, dan antivirus.

Peradangan atau infeksi di organ tubuh tertentu yang menyebabkan kondisi seperti nyeri haid dan jerawat bisa ditangkal oleh khasiat kunyit. Berikut penjelasan lebih lanjut, sebagaimana dilansir dari Prevention, Minggu (13/9/2015).

Nyeri

Lupakan obat nyeri yang biasa Anda beli di warung atau apotek dengan bebas. Kunyit lebih aman dan alami untuk membantu mengendalikan rasa sakit. Kunyit mendukung sistem sirkulasi darah, kekebalan tubuh, perbaikan jaringan, dan banyak faktro yang sebabkan nyeri.

Sindom pra menstruasi (PMS)

Wanita saat haid pasti mengalami masalah PMS, baik disadari atau tidak. Menurut peneliti Iran, masalah bulanan itu bisa diobati dengan kunyit. Konsumsi kunyit tujuh hari sebelum menstruasi dan tiga hari setelahnya ditemukan dapat efektif untuk mengatasi masalah PMS.

Kembung

Kunyit merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah kembung. Selain itu, kunyit juga meningkatkan sirkulasi darah dan mendetoksifikasi sehingga pencernaan Anda kembali lancar.

Jerawat

Ada tips membuat ramuan dari kunyit untuk atasi jerawat. Kunyit yang telah dihaluskan dicampur dengan air atau yogurt untuk mengurangi jerawat dan bekas luka. Lalu cukup oleskan itu pada jerawat atau bekas luka saja.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini