nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Tangani Luka Bakar di Kulit Sebelum Terlambat

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 14 September 2015 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 14 481 1213628 cara-tangani-luka-bakar-di-kulit-sebelum-terlambat-v4NQjFmzGg.jpg Cara tangani luka bakar (Foto: Sheenalawfirm)

SEIRING dengan perkembangan jaman, semakin banyak peralatan-peralatan modern yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun, sering tidak disadari bahwa ada potensi cedera luka bakar yang mengintai di balik pemakaian alat-alat tersebut

Hal ini menyebabkan cedera luka bakar menjadi semakin dekat dengan kita. Namun sering kali kita tidak menyadari keberadaannya dan mengetahui cara mengantisipasinya. Padahal, cedera luka bakar dapat menyebabkan kerugian, hingga menurunkan kualitas hidup seseorang secara signifikan.

“Berdasarkan data , api dan aliran listrik terutama yang bertegangan tinggi merupakan dua penyebab utama kecelakaan luka bakar. Selain itu, luka bakar juga dapat disebabkan oleh air atau minyak panas, bahan kimia, atau bahkan suhu dingin yang ekstrim (frostbite),” kata Dr dr I Nyoman Putu Riasa, SpBP-RE (K), Ketua Perhimpunan Luka Bakar dan Penyembuhan Luka Indonesia, dalam siaran pers yang ditulis pada Senin (14/9/2015).

Saat Anda atau orang di sekitar Anda mendapati sebagian dari tubuh mereka terbakar, ada pertolongan pertama yang benar yang bisa dilakukan. Nyoman mengatakan, sebaiknya jangan menangani atau mengobati sendiri luka bakar untuk mendapatkan penyembuhan yang optimal.

"Alirkan luka bakar dengan air keran selama 10 menit sejak kejadian untuk mengurangi kedalaman luka. Jangan oleskan bahan apapun kepada luka bakar. Berikan minuman yang ditambahkan 5 gram tablet garam atau cairan oralit untuk mencegah dehidrasi, lalu segera larikan korban ke rumah sakit atau burn unit," tambahnya.

Selain pencegahan dan pengobatan luka bakar, masyarakat juga seringkali tidak menyadari bahwa bekas luka bakar juga perlu mendapatkan perawatan. Tidak jarang seseorang yang menderita luka bakar menjadi kehilangan kepercayaan diri karena memiliki bekas luka bakar yang terlihat jelas di tubuhnya.

Untuk menghindari turunnya kepercayaan diri karena bekas luka bakar, luka atau bekas luka harus ditangani dengan terapi yang tepat. Dengan ini, semakin besar pula kemungkinan bekas luka bakar dapat disamarkan dengan lebih sempurna.

(ren)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini