nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaji Tidak Naik, Jangan Dulu Pindah Kerja

Ariesta Asri, Jurnalis · Rabu 16 September 2015 14:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 16 196 1215147 gaji-tidak-naik-jangan-dulu-pindah-kerja-q4Yw4tOHSM.jpg Gaji tak naik, jangan dulu pindah kerja (Foto: Huffingtonpost)
KEINGINAN untuk pindah pekerjaan bisa didorong oleh beberapa hal. Misalnya, tidak nyaman dengan budaya perusahaan, masalah internal, ingin gaji yang lebih tinggi, atau menyadari jika profesi yang dijalani sebenarnya bukan passion. Sebelum Anda meninggalkan kantor atau pekerjaan lama, simak rambu-rambu berikut ini.
 

Harus punya bargaining power

Bargaining power merupakan daya jual yang harus dimiliki jika ingin pindah pekerjaan. Apalagi jika menginginkan gaji lebih tinggi, Anda harus punya sesuatu yang bisa ditawarkan kepada perusahaan baru dan menunjukkan bahwa Anda bernilai lebih. Bargaining power bisa berupa pengalaman, skill, atau koneksi.

Tergesa-gesa

“Ketergesaan akan membuat Anda menerima offering (tawaran) apa pun. Jadi, kalau resign karena tergesa-gesa, bargaining power Anda lebih rendah sedangkan Anda bisa mendapatkan yang lebih. Seseorang akan lebih mendapatkan yang dia mau kalau punya bargaining position yang lebih tinggi,” jelas Aditiyo dari Career Guide Indonesia kepada Okezone.

Gaji di tempat baru tidak 30 persen lebih tinggi

Aditiyo menuturkan, mayoritas perusahaan memberlakukan promosi internal maksimal 20 persen sedangkan inflasi 5-10 persen per tahun. Oleh karenanya, usahakan Anda bisa nego gaji di tempat yang baru minimal 30 persen lebih tinggi.

Turun jabatan

Masih menurut Aditiyo sebagai konsultan karier dari Career Guide Indonesia, jangan mau pindah jika level jabatan di tempat yang baru sama. Apalagi jika Anda sudah di bidang tersebut minimal tiga tahun. “Ketika saya pindah perusahaan, saya selalu naik jabatan. Jangan mau pindah selevel. Lebih baik tunda dulu untuk membangun bargaining power,” katanya.

Kecuali jika hot button alias batas kesabaran Anda setiap hari diuji. Misalnya, selalu direndahkan lewat kata-kata kasar oleh atasan. Sebelum mental Anda turun, baiknya segera angkat kaki dari perusahaan tersebut.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini