nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenpar Seriuskan MEA di 2016

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 18 September 2015 04:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 17 406 1216351 kemenpar-seriuskan-mea-di-2016-51JjO55khX.jpg Kemenpar seriuskan MEA di 2016 (Foto: Uluwatukecakdance)

MASYARAKAT Ekonomi ASEAN (MEA) memberikan peluang Indonesia untuk promosi pariwisata. MEA akan efektif di 2016.

MEA memberikan peluang dan tantangan bagi negara anggota ASEAN untuk bersaing dalam hal ekonomi. Namun, MEA juga bisa digunakan sebagai momen bagus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Dalam event MEA Januari mendatang, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Singapura untuk bersinergi mempromosikan pariwisata masing-masing.

"Ada perjanjian untuk membuat single market. Saya bertemu Menteri Pariwisata Singapura untuk membuat Indonesia dan Singapura sebagai tourist destination," ujar Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dalam kerja sama tersebut, nantinya Kementerian Pariwisata dari kedua negara akan membuat paket tur wisata yang mencakup destinasi kedua negara. Dalam paket tersebut, diharapkan dapat menarik satu juta wisatawan internasional.

"Kita (Indonesia) sebagai destinasinya. Kita sepakat untuk menambah satu juta kerja sama antara Indonesia dan Singapura, sehingga dua-duanya diuntungkan," terang Arief.

Selain itu, MEA juga akan dimanfaatkan untuk mempromosikan country branding pariwisata, yakni Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

Dua branding ini tentu memiliki arti yang sama, meski dalam dua bahasa yang berbeda. Keduanya menjadi branding untuk dua jenis wisatawan.

"Untuk Wonderful Indonesia kita harus mencerminkan itu dalam hahasa kita, itu tidak apa-apa. Jadi kita populerkan ke luar Wonderful Indonesia dan di dalam Pesona Indonesia," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini