Alasan Tipe Masker Ini Wajib Dipakai Korban Asap Kabut

Renny Sundayani, Jurnalis · Kamis 17 September 2015 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 17 481 1216049 alasan-tipe-masker-ini-wajib-dipakai-korban-asap-kabut-u5jy3u6fgR.jpg Masker yang wajib dipakai korban kabut asap (Foto: Okezone)

KAWASAN Riau kini makin mengkhawatirkan setelah kebakaran hutan melanda wilayah tersebut. Bahkan saat ini penyakit ISPA (Infeksi saluran pernapasan) meningkat jumlahnya.

Tak hanya itu, pasokan masker untuk masyarakat Riau juga dikeluhkan jumlah yang dikirim masih sedikit. Kendati demikian, Kementerian Kesehatan akan mengirim sekitar 100 ribu masker dengan tipe N95.

"Tanggal 15 september kemarin kita sudah kirim sebanyak 100 ribu masker dengan tipe N95. Sebelumnya tanggal 14 September kita sudah kirim 250 masker tipe biasa. Rencananya besok kita juga akan kirim lagi," ungkap Achmad Yurianto selaku Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kemeterian Kesehatan, kepada Okezone di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat Kamis (17/9/2015).

Alasan pemakaian masker tipe N95 sangat dianjurkan lantaran masker ini lebih ketat dengan pori yang lebih padat.

"Kalau pakai N95 lebih ketat lagi, tidak ada celahnya. Enggak bisa ngomong-ngomong juga. Makanya masker ini bisa memfilter karbon asap," ungkapnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini masyarakat masih ada yang melakukan kesalahan dalam pemakaian masker.

"Masih ada yang suka buka tutup masker. Bahkan disana saya temui masih ada yang tidak pakai masker. Hanya dipakai saat memakai motor saja. Atau masih ada rongga masker tersebut.

Kemudian Achmad menyarankan agar masyarakat membeli masker yang 10 mikron, karena bisa menyaring debu lebih efektif, dibandingkan jika membeli masker dibawah 10 mikron.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini