nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Ajarkan Anak agar Tak Sembarangan Jajan (1)

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 17 September 2015 17:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 17 481 1216150 trik-ajarkan-anak-agar-tak-sembarangan-jajan-1-jgCJISxWEH.jpg Agar anak tak sembarangan jajan (Foto: Huffingtonpost)

JAJANAN anak yang dijual di kantin sekolah umumnya tidak higienis dan tak aman dikonsumsi. Masih banyak penjual nakal yang hanya ingin meraih keuntungan saja, tanpa perlu memperhatikan bahaya bagi kesehatan.

Saat seminar bersama media yang diadakan oleh Mayora di Pusat Perfilman Usman Ismail Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2015), Kepala Bidang SD dan PLB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Dr Kanti Herawati mengatakan, sebagai orangtua Anda harus cermat dan tak segan untuk mengedukasi putra-putri di rumah agar tak jajan sembarangan. Ada beberapa tips yang harus diingat lho. Ini dia ulasannya!

Jangan beli pakai bungkus kertas bekas

Anda harus mengajarkan anak untuk tidak terbiasa membeli makanan yang dibungkus kertas atau koran bekas. Karena itu, mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan.

Cermati pewarna makanan

Sebelum dikonsumsi, cermati dulu bahan makanan yang digunakan. Kalau sekiranya warnanya sangat mencolok itu bukanlah terbuat dari pewarna makanan aman.

Ingat anak agar pilih jajanan aman

Orangtua diminta untuk tidak bosan mengajarkan kepada anak agar mereka memilih jajanan aman. Salah satu solusinya yaitu membawa bekal sehat untuk mereka.

Higienitas

Ajari anak untuk memilih jajanan bersih, kemasan aman, dan upayakan penjualnya higienis. Sesekali datang ke sekolah si anak agar Anda tahu mana kantin yang higienis. (Bersambung)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini