nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Ajarkan Anak agar Tak Sembarangan Jajan (2-Habis)

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 17 September 2015 18:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 09 17 481 1216164 trik-ajarkan-anak-agar-tak-sembarangan-jajan-2-habis-Hlfpkx0FyX.jpg Ajarkan anak tak sembarangan jajan (Foto: Keyj)

FENOMENA jajanan anak tidak sehat selalu menghantui para orangtua di Indonesia. Agar tidak khawatir, ikuti trik sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari untuk mengajari anak-anak.

Dijelaskan Kepala Bidang SD dan PLB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Dr Kanti Herawati, anak-anak wajib diedukasi setiap hari agar mereka tidak suka jajan sembarangan. Berikut triknya yang diulas Okezone, Kamis (17/9/2015).

Tidak pilih satu jajanan saja 

Nasihati anak agar tidak hanya memilih satu jenis jajanan saja. Karena itu tidak ada makanan sempurna yang memenuhi kebutuhan gizi untuk tumbuh kembangnya.

Mengandung gizi seimbang

Upayakan pula jajanan anak mengandung gizi seimbang. Antara lain yaitu kaya protein, lemak baik, hingga karbohidrat yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembangnya.

Hindari makanan gosong dan keras

Jangan beli makanan gosong dan keras ya. Karena dalam jangka panjang, makanan itu dapat memicu kanker mematikan.

Cek label kemasan

Apabila anak-anak suka membeli makanan kemasan, ingatkan dia agar selalu cek produk mulai dari tanggal kadaluwarsa, halal atau tidak, atau bahkan mengecek kompisisi makanan itu apakah mengandung pengawet atau tidak. (Habis)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini