nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lauk Wajib Dicoba saat Makan di Warteg 21

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 18 September 2015 13:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 18 298 1216649 lauk-wajib-dicoba-saat-makan-di-warteg-21-JFyJCfJ95x.jpg Ilustrasi orik tempe (Foto:Werawefa)

KETIKA bersantap di Warteg 21 yang populer Anda akan menemukan banyak pilihan. Tapi ada dua lauk yang paling populer di sana?Apakah itu?

Warteg atau Warung Tegal mudah ditemukan di Ibu Kota. Biasanya, tempat makan ini kerap dijadikan masyarakat Ibu Kota sebagai pilihan bersantap dengan harga terjangkau.

Umumnya warteg menyuguhkan berbagai pilihan lauk ala rumahan. Begitu juga dengan Warteg 21 yang populer belakangan karena sempat didatangi orang nomor 1 di Tanah Air, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pejabat negara lainnya.

Tempat makan ini tak banyak berbeda dengan warteg lainnya. Tapi ada beberapa menu yang wajib Anda coba bila datang ke gerai yang letaknya bersebelahan dengan SMA 21, Jakarta Timur ini.

Misalnya adalah orik tempe. Meski dikatakan orik tempe, tapi jika dilihat dengan seksama, orik tempenya berbeda dengan yang umumnya di warteg. Orik tempe disuguhkan dalam wadah besar dan lebih banyak dari porsi lauk lainnya. Tampilannya juga berbeda, warnanya sedikit cokelat kemerahan dan sangat berkuah.

Hidangan ini nampaknya cocok sekali disebut sebagai sayur tempe karena kuahnya terlalu banyak, sedikit berminyak dan nampak ada campuran santan di dalamnya.

"Ini yang paling laku. Orik tempe, makanya porsinya dibanyakin," kata seorang pelayan yang enggan disebut namanya kepada Okezone di Jakarta.

Komposisi orik tempe juga tidak sekadar tempe yang diberi bumbu lainnya. Ada beberapa potong tahu berkulit yang dicampurkan guna menambah rasa.

Selain itu, lauk yang disajikan dalam porsi lebih banyak dibandingkan lauk lainnya adalah peyek udang. Ukurannya besar-besar dan terlihat menggiurkan. Ada sekira tiga udang dalam satu peyek dan cocok dinikmati sebagai lauk ataupun pelengkap sajian Anda. Namun sayang, karena porsinya yang cukup banyak dan diletakkan dalam wadah terbuka.

Anda harus lebih jeli melihat peyek udang mana yang masih renyah atau tidak agar saat bersantap jadi lebih nikmat. "Peyek udang juga banyak yang suka," pungkasnya. Warteg 21 buka dari pukul 06.30-21.30 WIB.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini