Manisan Pala, Oleh-Oleh Khas Aceh Selatan

Ichdar Ifan, Jurnalis · Sabtu 19 September 2015 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 18 298 1216802 manisan-pala-oleh-oleh-khas-aceh-selatan-D0w0IfS9vG.jpg Ilustrasi manisan buah pala (Foto:Wikipedia)

BELI oleh-oleh usai berwisata sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Nah, di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Anda dapat membeli oleh-oleh manisan buah pala, salah satu makanan khas Aceh Selatan.

Banyaknya pohon pala yang tumbuh subur di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, membuat warga sekitar memanfaatkannya menjadi peluang usaha. Buah pala tidak hanya bisa dimanfaatkan dengan mengambil bijinya saja, tapi daging buah pala diolah menjadi makanan ringan yakni manisan buah pala.

Manisan buah pala ini banyak macam cara pengolahanyanya, ada yang kering dan ada juga yang basah. Ingin tahu proses dan cara pembuatan manisan buah pala? Suryati, seorang warga Tapaktuan yang telah lama menggeluti pembuatan manisan buah pala, membeberkan prosesnya.

Buah yang telah dipanen direndam dengan air garam selama tiga hari, setelah itu kulitnya dikupas, lalu dicuci sampai bersih kemudian dipotong-potong menurut selara. Ada model cincang korek api, ada model bunga. Setelah direbus, buah pala dicampur dengan gula pasir selama tiga malam, setelah gula mencair baru dijemur selama lima hari di tempat penjemuran khusus, namanya rumah kaca agar terhindar dari serangga.

Bagi Anda yang suka pedas , Anda bisa mencoba manisan buah pala basah. Prosesnya hampir sama dengan manisan pala kering, hanya saja manisan pala basah setelah dimasak tidak ada proses penjemuran. Harga manisan pala ini juga relatif murah hanya Rp5.000 yang berbentuk cincang korek api dan Rp6.000 yang berbentuk bunga.

Anda dapat membeli manisan buah pala ini di toko-toko atau supermarket di daerah Tapaktuan atau bisa datang langsung ke tempat pembuatanya di daerah Jalan Sudirman, Tapaktuan. Bagi Anda yang kurang selera makan, buah pala ini juga dapat membantu menambah selera makan dan melancarkan pencernaan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini