Kadar Kolesterol dalam Udang Tidak Seburuk yang Dibayangkan

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 18 September 2015 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 18 481 1216651 kadar-kolesterol-dalam-udang-tidak-seburuk-yang-dibayangkan-m0tIRW2VRg.jpg Ilustrasi tes kolesterol (Foto: Euractiv)

APAKAH Anda pernah sengaja menghindari karena takut kolesterol tinggi. Cara menggoreng memang bisa membuat kita khawatir, tetapi bicara tentang udang itu sendiri, kolesterol mereka lebih sedikit dibandingkan telur.

Sebuah studi oleh Central Institute of Brackishwater Aquaculture mengatakan bahwa orang sehat bisa mengonsumsi udang dalam makanan sehari-hari karena kadar kolesterol di dalamnya tidak seburuk yang diduga.

Studi ini menunjukkan bahwa udang memiliki asam lemak jenuh rendah, kolesterol kadar moderat, kadar lipid yang rendah, dan tingkat protein tinggi bila dibandingkan dengan daging. Selain mengandung mineral makro dan mikro termasuk kalsium, fosfor dan selenium, udang juga sumber makanan tinggi asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang baik untuk kesehatan.

Kepala departemen kardiologi, College Hospital Medis Pemerintah, Dr Kannan mengatakan penelitian menunjukkan bahwa orang yang sehat dapat mengonsumsi udang dalam jumlah kecil.

"Adapun untuk pasien jantung, kita masih merekomendasikan ikan kecil yang kaya akan asam lemak omega 3," kata Dr Kannan.

Para ilmuwan menganalisis komposisi gizi 100g udang windu dan udang putih. Asam lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol darah ditemukan rendah udang (0.25mg/100g) dibandingkan dengan daging lainnya seperti ayam, daging kambing, daging sapi, babi dan bahkan telur. Kadar kolesterol makanan udang (173mg/100g) lebih sedikit dari telur (400mg/100g).

The American Heart Association merekomendasikan diet kurang dari 300mg kolesterol per hari bagi individu yang sehat dan kurang dari 200mg sehari untuk penderita diabetes. Para ilmuwan mengatakan 100g udang hanya memberikan sedikit kolesterol dari yang dianjurkan.

Ilmuwan senior J Syama Dayal mengatakan bahwa sekitar 32 persen lipid udang memiliki PUFA, lemak sehat yang dapat memperbaiki kadar kolesterol darah serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Sementara diet sehat harus memiliki rasio PUFA/SFA minimal 0,54, sementara udang menyediakan lebih dari 1,9.

Udang juga mengandung vitamin A, D, E, B12 dan B3. Udang juga mengandung astaxanthin, antioksidan alami. Dengan 80 persen bagian kering memiliki protein, udang dapat memberikan 87 persen dari total energi yang diperlukan bagi tubuh. Demikian seperti dilansir dari Timesofindia, Jumat (18/9/2015).

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini