Pentingnya Popok Berukuran Pas bagi Bayi Prematur

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 22 September 2015 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 22 481 1218875 pentingnya-popok-berukuran-pas-bagi-bayi-prematur-Iv4zRgwhzq.jpg Ilustrasi popok (Foto: Erika/Okezone)

POPOK sudah menjadi satu kebutuhan dasar untuk bayi. Sayangnya, popok yang selama ini tersedia di pasaran belum ada yang bisa menyesuaikan untuk bayi prematur. Padahal popok yang pas sangat penting untuk keleluasaan gerak bayi dan pengawasan orang dewasa.

Dr dr Rinawati Rohsiswatmo, SpA(K), ahli bayi prematur dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, mengatakan masalah popok merupakan salah satu hal yang mengganggu dalam penatalaksanaan perawatan bayi prematur.

“Popok untuk anak baru lahir terlalu besar untuk bayi prematur, sehingga menutupi tali pusat dan dadanya serta menghambat geraknya. Padahal gerak pernapasan bayi prematur setelah kelahiran harus terus dipantau,” tuturnya dalam presentasi di acara peluncuran MamyPoko Premiere Care, popok untuk Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Dokter anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia ini mengatakan, pemilihan popok harus tepat ukuran, yaitu sesuai berat badan dan usia. Untuk itu, popok yang pas untuk bayi yang lahir tidak cukup bulan (di bawah usia kandungan 37 minggu) dan dengan berat badan di bawah tiga kilogram sangat diperlukan.

“Selama ini kita sering kesulitan menyediakan popok untuk bayi prematur yang berukuran sangat kecil. Popok yang pas memang tidak akan mempengaruhi kelangsungan hidup bayi, tapi sangat berarti untuk meningkatkan kualitas, termasuk tumbuh kembang bayi prematur,” pungkasnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini