Alasan Perut Bayi Kerap Bergemuruh

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 22 September 2015 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 22 481 1218911 alasan-perut-bayi-kerap-bergemuruh-hE4RU4nHDM.jpg Bayi sedang dipijat (Foto: Blossomandjasmine)

IBU baru selalu mengkhawatirkan keanehan kecil yang dialami bayinya. Salah satu yang ditakutkan adalah bila terdengar suara gemuruh dari perut anak yang dianggap sebagai tanda kembung atau masuk angin.

Memang, bayi di bawah usia empat bulan rentan mengalami kembung karena pencernaan yang belum matang. Namun, dokter anak Rinawati Rohsiswatmo, dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM mengatakan masalah kembung bukan ditandai dengan suara dari perutnya.

“Banyak ibu yang mengira kalau keluar suara krucuk-krucuk dari perut bayi itu tanda anak masuk angin. Suara itu hanya bunyi dari ususnya yang bergerak. Dengan kulit perut bayi yang tipis, suara itu jadi jelas terdengar,” tuturnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Adapun kembung pada anak akan membuat anak lebih rewel dan muncul masalah lain terkait sistem pencernaannya.

“Kalau anak kembung, ia akan rewel, sering buang angin, atau buang air besar. Jadi bukan karena suara yang terdengar dari perutnya,” tutupnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini