Tips Memandikan Bayi Prematur

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 22 September 2015 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 22 481 1218955 tips-memandikan-bayi-prematur-RPv3IOexZ5.jpg Bayi mandi (Foto: Babyanywhere)

BAYI prematur sudah selayaknya mendapatkan perawatan khusus. Untuk itu, setiap ibu dengan bayi prematur harus mendapatkan edukasi mengenai cara penanganan bayi prematur yang tepat sebelum pulang ke rumah. Ini termasuk bagaimana cara memandikan bayi prematur.

“Memandikan bayi prematur kurang lebih sama dengan memandikan bayi normal. Namun, ini mungkin membutuhkan pengarahan dari suster atau bidan di rumah sakit sebelum ibu bisa mandiri memandikan bayi prematur,” kata Rinawati Rohsiswatmo, ahli bayi prematur dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, yang ditemui di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Berikut adalah gambaran dan tips umum tentang cara memandikan bayi prematur, yang bisa dilakukan ibu baru di rumah.

Perhatikan suhu ruangan dan air mandi

Jaga agar suhu ruangan tempat bayi mandi tidak terlalu dingin atau hangat (antara 24-27 derajat celsius). Gunakan air mandi hangat dengan suhu menyerupai suhu tubuh bayi, yaitu 37,2-37,7 derajat celsius. Cek dengan siku ibu atau termometer untuk ukuran yang akurat.

Penanganan di bak mandi

Celupkan bayi secara perlahan ke dalam bak mandi dengan memegang kepala, bahu, dan kedua kaki. Jaga kepala agar tetap berada di atas air dan bersihkan wajah tanpa sabun.

Waktu memandikan bayi

Mandikan bayi prematur tiap dua sampai empat kali sehari. Ini dapat lebih sering bila bayi sering gumoh, muntah, atau terkena kotorannya. Namun, jangan terlalu sering dari itu, karena kulit bayi prematur mudah kering. Di luar waktu mandi, seka wajah dan lipatan leher bayi setiap hari.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini