Share

Hilangkan Bau Perengus dengan Bumbu Ini

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 23 September 2015 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 23 298 1219824 hilangkan-bau-perengus-dengan-bumbu-ini-DnU3T7p1be.jpg Bumbu dan rempah (Foto:Indiafootnetwork)

PENGGEMAR daging kambing memang cukup banyak tapi tak sedikit pula yang menghindari karena bau perengus yang dianggap kurang sedap. Sebenarnya bau prengus bukanlah sesuatu yang tak bisa hilang, asal tahu caranya maka olahan daging kambing Anda akan lezat tanpa aroma khas yang mengganggu.

Chef Budi Sutomo mengatakan aroma perengus kambing bisa dikalahkan dengan penggunaan bumbu aromatik. Bumbu aromatik disini maksudnya adalah bumbu dan rempah yang memiliki aroma dominan yang bisa mengalahkan aroma khas daging kambing.

“Pakai bumbu aromatik, aroma bumbu ini bisa mengurangi bahkan menghilangkan sama sekali bau perengus pada daging kambing,” kata Pria yang akrab disapa Budi ini kepada Okezone melalui pesan elektronik.

Bumbu aromatik tersebut banyak jenisnya dan termasuk bumbu yang umum digunakan sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya di pasaran. “Bumbu dan rempah aromatik yang bisa digunakan cukup banyak jenisnya. Misalnya saja jahe, pekak, kayu manis, kunyit, bumbu kari, daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, daun kari dan lain sebagainya. Bahan ini bisa dipilih dan disesuaikan dengan maskaan yang dibuat,” beber Chef Budi.

Selain dari penggunaan bumbu, teknik pengolahan juga memengaruhi efek bau yang dihasilkan daging kambing. Jika memperoleh daging kambing, sebaiknya jangan cuci daging. Biarkan daging dalam keadaan kering, jika terlihat ada kotoran yang menempel cukup bersihkan dengan tisu towel.

Daging kambing yang basah dan mengandung air sebelum diolah menyebabkan aromanya terperangkap di dalam daging. Bagaimana, sudah berani mengolah daging kambing di rumah kan?

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini