Share

Ragam Kuliner Khas Idul Adha di Indonesia

Devi Setya Lestari, Okezone · Kamis 24 September 2015 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 24 298 1220212 ragam-kuliner-khas-idul-adha-di-indonesia-onyfWgz0Qq.jpg Kari kambing (Foto:Delimarestaurant)

TIDAK hanya saat Idul Fitri, bahkan pada Idul Adha setiap daerah di Indonesia punya makanan khas yang kerap disuguhkan. Apa sajakah itu?

Jika berbicara kuliner Nusantara seolah tak akan ada habisnya. Jumlahnya yang sangat banyak membuat masakan Indonesia memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing.

Pada Hari Raya Idul Adha, sederet kuliner bebahan dasar daging kambing dan sapi seolah menjadi menu wajib di hari raya ini. Namun tentu saja setiap daerah memiliki ciri khas hidangannya sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, Okezone merangkumkan beberapa hidangan dari beberapa daerah di Indonesia, Kamis (24/9/2015).

Aceh

Provinsi paling barat di Indonesia ini punya masakan khas yang hampir selalu tersaji ketika datang Idul Adha. Adalah kari kambing, masakan yang menjadi primadona di Negeri Serambi Mekah ini. Bahan utama untuk membuat kari kambing tidak lain adalah daging kambing itu sendiri. Yang mencerminkan masakan ini berasal dari Aceh adalah penggunaan bumbu serta rempah yang sangat berlimpah.

Sumatera Barat

Tidak berbeda jauh dengan cita rasa masakan provinsi tetangganya, Sumatera Barat pun punya suguhan khas Idul Adha yang popular. Penggunaan banyak jenis bumbu dan rempah juga menjadi salah satu ciri khas sajian khas Sumatera Barat. Namun perbedaan jelas terlihat pada penggunaan jumlah cabai, di Sumatera Barat masakannya mayoritas bercita rasa pedas. Saat Idul Adha, masyarakat kerap membuat masakan berbahan dasar daging kambing seperti satu masakan yang terkenal yakni cincang kambing.

Banten

Beralih ke Pulau Jawa, Banten punya masakan olahan kambing yang unik yakni rabeg. Rabeg bukan terbuat dari bagian daging kambing, melainkan dari bagian jeroan atau isi perut dari kambing. Membuat rabeg cukup membutuhkan keahlian, karena jika salah maka bukan rabeg lezat yang dihasilkan melainkan rabeg yang masih berbau perengus yang kuat.

Sulawesi

Di Sulawesi khususnya di Gorontalo ada masakan bernama kambing bakar balanga. Masakan ini adalah hasil adaptasi dari kuliner khas Arab. Masyarakat Gorontalo biasa menyantap kambing bakar balanga bersama nasi kebuli. Olahan ini diberi nama kambing bakar balanga karena proses membuatnya menggunakan balanga atau wadah yang terbuat dari tanah liat ataupun besi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini