Share

Cicipi Nikmatnya Kupat Tahu Bumiayu

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 25 September 2015 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 24 298 1220366 cicipi-nikmatnya-kupat-tahu-bumiayu-Summ6aHfzI.jpg Kupat tahu (Foto:Devi/Okezone)

PERAYAAN hari besar tak pernah lepas dari hadirnya makanan khas. Makanan yang tersaji di hari besar keagamaan selalu bebeda di setiap daerahnya.

Salah satu makanan khas yang tersaji saat Idul Adha adalah kupat tahu asal Bumiayu. Berbeda dengan kupat tahu lain yang menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkap, kupat tahu bumiayu ini tersaji dengan kuah cair berwarna gelap.

Seporsi kupat tahu ini terdiri dari potongan ketupat, tahu goreng dan toge yang telah direbus. Semua bahan ini kemudian di siram menggunakan kuah yang terbuat dari bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, daun salam, serai, lengkuas dan kecap manis.

Penggunaan kecap manis yang cukup banyak menjadikan warna kuah kupat tahu ini terlihat gelap dan hitam. Sebagai pelengkap, kupat tahu bumiayu ini disajikan bersama taburan bawang merah goreng, kerupuk mi dan sambal.

Hidangan sederhana ini tak pernah absen saat hari raya datang. Huriyah yang berdarah asli Bumiayu mengatakan kupat tahu ini hanya dibuat dua kali dalam setahun. β€œIni memang ciri khas Bumiayu, dibuatnya hanya saat Idul Fitri dan Idul Adha saja. Simpel dan sederhana memang tapi rasanya lezat,” kata perempuan ramah ini kepada Okezone, Kamis 24 September 2015.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini