Ini Dia Tips Ngerem agar Makan Tak Berlebihan

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 24 September 2015 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 24 481 1220349 ini-dia-tips-ngerem-agar-makan-tak-berlebihan-ogdN98uy4v.jpg Cara ngerem makan (Foto: Zeenews)

SALAH satu langkah untuk menurunkan berat badan adalah dengan menekan nafsu makan berlebih. Meski olahraga sudah rutin dilakukan dan pilihan makanan sudah baik, tapi bila nafsu makan tidak bisa dikontrol, Anda mungkin akan gagal.

Berikut adalah beberapa cara untuk melatih diri Anda menghindari makan berlebihan, seperti dilansir dari Zeenews, Kamis (24/9/2015).

1. Makan hanya ketika Anda lapar dan tidak keluar dari kebiasaan.

2. Belajar untuk memperhatikan sinyal tubuh atau rasa lapar dan berhenti makan sebelum Anda kenyang atau ketika Anda mulai merasa puas.

3. Jadilah selektif dengan apa yang Anda makan. Ini berarti, mengetahui pilihan jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan seperti mengganti makanan olahan dengan buah-buahan dan sayuran.

4. Pilih porsi kecil saat makan sangat penting jika Anda berencana menurunkan berat badan karena ini menentukan jumlah kalori yang dikonsumsi. Gunakan piring berukuran sedang ketika makan di rumah untuk menghindari makan berlebihan.

5. Luangkan waktu untuk mengunyah makanan Anda sebelum menelannya. Ini akan memperlambat kecepatan dan memungkinkan Anda untuk menikmati rasa makanan Anda. Menurut penelitian, orang yang mengunyah makanan lebih lama akan mudah merasa kenyang.

6. Cadangkan setidaknya 20 menit untuk “menurunkan” makan Anda - ingat perut Anda mengambil hampir 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak bahwa itu adalah penuh.

7. Jangan lewatkan waktu sarapan, karena itu dapat membuat Anda makan lebih banyak di kemudian hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak lemak, protein, dan karbohidrat di pagi hari lebih kenyang dan makan lebih sedikit di siang hari daripada mereka yang tidak sarapan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini