Berikut Lemak Sehat yang baik untuk Turunkan Kolesterol

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 24 September 2015 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 24 481 1220377 berikut-lemak-sehat-yang-baik-untuk-turunkan-kolesterol-xXNYkq0lrK.jpg Lemak baik untuk turunkan kolesterol (Foto: Health )

LEMAK telah mempunyai cap buruk dalam benak kita. Mereka sering disalahkan atas penyebab kegemukan dan penyakit mematikan lainnya. Padahal tidak semua lemak buruk, bahkan berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh, seperti menurunkan kolesterol jahat.

Jadi, tidak semua lemak jahat. Lemak baik penuh vitamin yang larut dalam lemak hingga mencegah lapar terus menerus. Berikut adalah beberapa lemak sehat yang baik untuk menurunkan kolesteol Anda, seperti dilansir dari Timesofindia, Kamis (24/9/2015).

Minyak sehat untuk makanan rendah kolesterol

Semua minyak dan lemak memiliki beberapa kualitas yang baik untuk kesehatan kita. Jadi kita tidak harus berpegang pada satu jenis minyak atau lemak untuk memasak. Misalnya, dalam satu bulan Anda menggunakan minyak bunga matahari dan bulan berikutnya Anda bisa menggunakan minyak wijen.

Minyak goreng rendah kolesterol adalah zaitun, canola, minyak wijen dan minyak mustard. Minyak berkualitas baik juga ditemukan dalam alpukat dan minyak alpukat, kacang-kacangan dan minyaknya, jagung, biji kapas, minyak safflower dan biji atau minyak bunga matahari, atau biji dan minyak kedelai.

Lemak tak jenuh tunggal adalah lemak sehat

Ada dua jenis kolesterol, satu kolesterol yang menyumbat arteri kita, itu dikenal sebagai kolesterol jahat LDL atau dan jenis lainnya membantu dalam menghilangkan penyumbatan ini, dikenal sebagai kolesterol baik atau HDL.

Lemak tak jenuh tunggal menurunkan kolesterol total darah dan menjaga HDL (kolesterol baik) Anda. Lemak tak jenuh tunggal membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Minyak zaitun memiliki 75 persen lemak tak jenuh tunggal.

Contoh lemak tak jenuh tunggal yang kacang macadamia (80 persen lemak tak jenuh tunggal), alpukat (71 persen), almond (70 persen), dan minyak canola (59 persen). Sumber lain adalah almond, kacang mete, hazelnut, selai kacang alami, pecan, pistachio, minyak dan biji wijen.

Lemak tak jenuh ganda juga bisa menyehatkan

Lemak tak jenuh ganda memiliki kolesterol baik tetapi mengurangi kolesterol total darah dengan menurunkan baik LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Karena alasan tersebut, kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi lemak tersebut.

Lemak daging juga membantu menurunkan kolesterol

Meski bermanfaat, lemak daging juga tetap harus dibatasi. Untuk menghindari lemak berlebih, selalu beli daging tidak berlemak, sebelum memasak, buang lemak yang terlihat seperti di kulit ayam yang bisa menimbun lemak di bawah kulit.

Jika Anda ingin membuat kaldu atau sup kaldu daging, dinginkan. Ini akan membantu lemak membeku sehingga Anda akan mudah membuangny saat akan dimasak.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini