Semprot Cairan Infus ke Hidung Ampuh Cegah ISPA

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2015 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 02 481 1224875 semprot-cairan-infus-ke-hidung-ampuh-cegah-ispa-TettX5MpLg.jpg Pencegahan ISPA akibat kebakaran hutan (Foto: Okezone)

INFEKSI saluran pernapasan (ISPA) menjadi risiko paling besar akibat dampak kabut asap berkepanjangan. Selain mencegah pakai masker, risiko ISPA bisa dicegah dengan melakukan cuci hidung. Bagaimana langkahnya?

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) dr Purna Irawan SpTHT menjelaskan, gas atau partikel dari asap kebakaran bisa masuk ke paru-paru melalui hidung. Tapi untungnya kita memiliki silia atau rambut hidung yang dapat membersihkan partikel asap yang masuk.

"Warga yang tinggal di wilayah paparan kabut asap dapat melakukan cuci hidung dengan cairan infus atau NaCl di lubang hidungnya," kata dr Purna di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (2/10/2015).

Lebih lanjut, dokter dari Rumah Sakit Umum Persahabatan itu menambahkan, di kota besar dengan polusi udara tinggi dapat menimbulkan banyak senyawa partikel yang mudah mengendap di dalam paru-paru.

Begitu juga di dalam ruangan banyak kuman, termasuk di lingkungan pekerjaan. Akibatnya jika itu dibiarkan, dalam jangka lama bisa menyebabkan ISPA.

"Kita bisa lakukan cuci hidung dengan meminta cairan NaCl kepada puskesmas terdekat. Semprotkan dengan alat suntik berukuran 10 cc tanpa pakai jarumnya hingga ke belakang rongga hidung," imbuh dia.

Dalam beberapa jurnal, seseorang yang tinggal di wilayah paparan polusi tinggi harus rajin cuci hidung dengan NaCl. Jangan pernah menggunakan air biasa karena rasanya bisa sangat nyeri.

"Cuci hidung ini sudah boleh dilakukan pada anak mulai usia tiga tahun sampai dewasa. Masyarakat minimal dua kali sehari melakukan cuci hidung tersebut," tutup dr Purna.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini