Image

Cek Keputihan Anda Kategori Normal atau Tidak

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2015, 11:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 06 481 1226886 cek-keputihan-anda-kategori-normal-atau-tidak-Xd9fFxJGeH.jpg Mengecek keputihan Anda kategori normal atau tidak (Foto: Shutterstock)

KEPUTIHAN adalah hal yang normal dialami perempuan. Cairan kental yang keluar dari organ intim perempuan ini berfungsi membersihkan kotoran dan menjaga kesehatan. Bila cairan tersebut sudah tidak lagi putih dan berbau, itu menjadi sinyal masalah kesehatan.

Selain dengan mengamati rupanya, kapan kita tahu kalau keputihan yang keluar normal? Perempuan perlu ingat bahwa siklus menstruasi bisa memengaruhi tipe cairan Miss V yang keluar selama beberapa waktu, begitu juga saat kehamilan.

Keputihan siklus menstruasi

Seperti dilansir dari Everydayhealth, Selasa (6/10/2015), selama pubertas dan menopause, perempuan hidup dalam siklus menstruasi yang memengaruhi keputihan. Warna dan ketebalan cairan yang keluar bisa beragam, tergantung kadar hormon estrogen yang ada dalam tubuh.

Setelah menstruasi berakhir, cairan yang keluar biasanya berwarna putih dan tebal. Tapi sekira 14 hari setelah menstruasi berakhir, keputihan akan lebih bening dan berair serta elastis. Saat ovarium mengeluarkan sel telur selama pertengahan siklus menstruasi, tubuh perempuan akan menghasilkan lebih banyak cairan keputihan.

Keputihan selama kehamilan

Keputihan selama kehamilan akan jauh lebih banyak daripada waktu di luar itu. Hal tersebut karena aliran darah yang lebih banyak ke area Miss V, termasuk produksi estrogen yang meningkat selama kehamilan. Ini akan berlangsung sampai waktu kelahiran datang.

Keputihan karena infeksi

Sementara keputihan umumnya normal, infeksi jamur atau bakteri bisa membuatnya abnormal. Dibandingkan dengan keputihan yang normal, keputihan abnormal akan tampak berwarna-warni dengan tekstur dan bau yang aneh.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini