Kenali Penyebab Gegar Otak yang Berujung Bahaya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2015 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 08 481 1228407 kenali-penyebab-gegar-otak-yang-berujung-bahaya-LqmTB4JCoZ.jpg Ilustrasi pemeriksaan hasil pemindaian kepala (Foto: Parenthub)

OTAK kita memiliki cairan di dalam tengkorak. Apabila terbentur atau kena pukulan keras, Anda berisiko mengalami benjolan dan menurunkan fungsi kerja otak.

Dilansir Mayoclinic, Kamis (8/10/2015), cedera otak semacam ini disebut dengan gegar otak. Artinya yaitu cedera otak traumatis yang mengubah fungsi kerja otak Anda, akibatnya dapat mengalami perdarahan.

Masalah seperti itu tentu menimbulkan efek sampingnya bersifat sementara. Antara lain dapat menimbulkan sakit kepala, konsentrasi bermasalah, kehilangan memori, hingga kehilangan keseimbangan tubuh. Adapun gejala awal ditandai dengan mengantuk dan kebingungan yang berkepanjangan.

Meskipun gegar otak biasanya disebabkan karena adanya benturan di kepala, ada juga penyebab lainnya yang harus Anda tahu, seperti halnya gegar otak dapat terjadi jika ada guncangan hebat di bagian kepala yang menimbulkan cedera.

Masalah gegar otak biasanya kerap terjadi dalam sebuah permainan sepak bola, di mana pemainnya saling bertabrakan dan saling terbentur kepalanya.

Nah, apabila seseorang mengalami cedera gegar otak ringan, kemungkinan besar bisa sembuh total. Tapi dalam masa penyembuhan, pasien butuh waktu cukup lama untuk istirahat dan meninggalkan aktivitas rutinnya.

Kalau diabaikan, pendarahan di otak akan bisa berakibat fatal. Itulah jika seseorang mengalami cedera otak, mereka butuh monitoring dari dokter pada saat sebelum dan sesudah menjalani pengobatan.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini