nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat Kesalahan Pakai Softlens yang Sering Dilakukan

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2015 01:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 08 481 1228688 empat-kesalahan-pakai-softlens-yang-sering-dilakukan-S8vPL2Jgs9.jpg Kesalahan pakai kontak lensa (Foto: Menshealth)

SOFT LENS begitu kita menyebut lensa kontak, bisa begitu nyaman dipakai hingga kita lupa cara menggunakannya dengan benar. Menurut satu survei CDC, 99 persen pengguna lensa kontak berisiko infeksi karena penyalahgunaan lensa kontak.

"Alasan kesalahan yang umum dilakukan pengguna lensa kontak adalah kesalahan dapat dilakukan berkali-kali sebelum masalah yang paling buruk terjadi," kata Keith Walter, MD, seorang dokter mata di Wake Forest Baptist Medical Center.

Lalu apa saja kesalahan umum yang bila dibiarkan bisa menyebabkan akibat fatal? Berikut empat kesalahan tersering yang dilakukan pengguna lensa kontak, seperti dilansir dari Menshealth, Sabtu (10/10/2015).

Tidur dengan mengenakan lensa

Lensa menghambat oksigen masuk ke kornea Anda, menyebabkan kerusakan perlahan di sel-sel permukaannya. Ketika Anda menutup mata selama tidur, lingkungan di bawah lensa kontak akan lebih hangat, gelap, dan lembab dengan sedikit oksigen, yang disenangi bakteri dan jamur.

Jadi pastikan Anda melepas lensa kontak sebelum tidur dan mencucinya bila Anda baru terbangun dari tidur tidak disengaja dengan lensa kontak Anda, pesan Dr Walter.

Ganti cairan perendam lensa dalam wadah perendam

Ini berarti Anda harus membuang air perendam lensa yang lama sebelum menempatkan lensa kontak yang telah dibersihkan. Jadi, jangan timpa air perendam lama dengan yang baru. Pastikan juga Anda melap kering wadah penyimpanan dan mengganti larutan perendam tiga bulan sekali.

Bilas lensa kontak dengan air keran

Dalam keadaan darurat, Anda mungkin menggunakan air keran untuk membilas atau membasahi kontak lensa Anda. Tapi itu ide yang buruk. Air keran bisa mengandung amuba yang diketahui menyebabkan Acanthamoeba keratitis, satu bentuk infeksi mata yang sulit diobati, kata Dr Walter.

Menggunakan lensa kontak di luar batas

Lensa kontak Anda memiliki batas waktu pakai, entah itu harian atau bulanan. Anda perlu mengikuti peraturan yang disampaikan pada petunjuk kemasan atau petugas optik, kata Dr Walter. Namun, yang pasti, lensa kontak sebaiknya tidak digunakan berhari-hari tanpa dilepas sebelum tidur atau mandi dan dicuci dengan baik.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini