nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Terhindar Korban Bullying, Lakukan Ini!

Ariesta Asri, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2015 20:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 09 196 1229345 anak-terhindar-korban-bullying-lakukan-ini-5gzOiaRg7c.jpg Ada siasat khusus agar anak terhidar dari bullying (Foto: Shutterstock)

BULLYING bisa terjadi kapan saja, di mana saja. Faktanya, satu dari 10 korban bullying di-bully setiap hari. Sementara satu dari lima korban bullying, di-bully sekali atau dua kali dalam sebulan.

Anak yang di-bully sulit memprediksi kapan bullying akan terjadi. Oleh karenanya, penting bagi setiap anak memahami pencegahan bullying.

Melaporkan intimidasi dan cyberbullying

Sangat penting bagi siswa untuk melaporkan intimidasi dalam bentuk apa pun pada orangtua atau orang dewasa yang mereka percaya. Seringkali anak-anak tidak melaporkan cyberbullying karena takut orangtua akan menyita gadget mereka. Anak-anak harus paham bahwa bullying adalah hal yang salah dan harus ditangani oleh orang dewasa.

Jangan balik mem-bully

Keinginan melawan dengan cara kekerasan mungkin ada di dalam benar anak korban bullying. Jika sudah begini, korban bullying ikut bersalah. Sebisa mungkin jangan marah atau menangis. Dengan tenang, katakan pem-bully untuk menghentikan perbuatannya atau abaikan saja. Jika sudah keterlaluan, laporkan hal ini pada orang dewasa.

Jangan sendirian

Bila memungkinkan, hindari situasi di mana tidak ada siswa atau guru. Cobalah minta ditemani teman ke kamar mandi atau makan siang. Ketika naik bus, duduk di bagian depan. Jika anak mengetahui daerah-daerah di mana pem-bully biasa menggertak, sebisa mungkin ambil jalur lain. Demikian dilansir dari American Psychological Association, Jumat (9/10/2015).

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini