nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar Anak Aman dari Bullying

Ariesta Asri, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2015 23:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 09 196 1229434 agar-anak-aman-dari-bullying-AGBEq7xz2a.jpg Ada siasat khusus agar anak bebas dari bullying (Foto: Shutterstock)

BULLYING dapat mengancam keselamatan fisik dan emosional siswa di sekolah dan berdampak negatif terhadap kemampuan mereka dalam belajar. Cara terbaik untuk menghentikannya dengan melakukan pencegahan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan pihak sekolah demi mencegah bullying seperti berikut ini.

Melakukan penyelidikan

Upaya pencegahan dapat dilakukan lewat intervensi pada perilaku siswa, termasuk penggunaan narkoba dan kekerasan. Sekolah dapat mulai menyelidiki seberapa sering kasus bullying, di mana, dan kapan terjadi. Jika sekolah sudah mencium adanya tindakan bullying, lakukan pendekatan personal kepada korban dan pelaku.

Libatkan orangtua dan murid

Penting untuk melibatkan berbagai pihak untuk bekerja sama dalam menyebarkan pesan tentang bullying. Sekolah dapat membuat kampanye kesadaran agar para korban mengetahui ia dilindungi oleh pihak sekolah, orangtua, dan masyarakat. Jika diperlukan, sekolah dapat membentuk komite untuk membuat program, mengimplementasi, dan mengevaluasi pencegahan bullying.

Buat aturan yang mengikat

Buatlah misi, kode etik, dan peraturan sekolah yang mengikat. Ciptakan iklim di mana tindakan bullying tidak dapat diterima dengan mengomunikasikan secara luas.

Bangun lingkungan sekolah yang aman

Budayakan toleransi dan saling menghormati. Gunakan rapat staf, pertemuan guru dan orangtua, surat pemberitahuan, website sekolah, dan buku pegangan siswa untuk membangun iklim positif di sekolah. Sekolah harus memperkuat interaksi sosial yang positif dan inklusif.

Beri pendidikan

Salah satu aksi penting pencegahan bullying dengan memberikan pendidikan pada murid dan guru. Materi mengenai bullying dapat disisipkan pada kurikulum atau aktivitas sekolah. Beri pemahaman pada siswa maupun staf sekolah mengenai peraturan sekolah, beserta konsekuensi jika melanggar. Demikian dilansir dari Stopbullying, Jumat (9/10/2015).

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini