Share

Tips Edukasi Seks pada Anak Mulai dari Nol

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2015 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 10 196 1229455 tips-edukasi-seks-pada-anak-mulai-dari-nol-q5VMkLU2i2.jpg Edukasi seks pada anak mulai dari nol (Foto: Shutterstock)

BICARA tentang seks pada anak mengundang kecemasan bagi orangtua. Apalagi bila anak buta tentang seks dan masih di usia sekolah dasar. Orangtua pasti bingung dari mana memulainya.

Perlu diketahui oleh semua orangtua, bicara soal seks pada anak bisa terjadi kapan saja dan tidak perlu menunggu waktu yang benar-benar tepat. Bicara soal seks bisa dilakukan dalam aktivitas sehari-hari.

Berikut cara memberi pendidikan seks lewat aktivitas sehari-hari.

Tubuh

Ini berlaku untuk anak laki-laki dan perempuan. Sejak kecil ketika mereka bisa berbicara dan mengenal bagian tubuh sendiri, ini saatnya orangtua mengenalkan semua anggota tubuh, termasuk bagian bikini bagi anak perempuan. Jelaskan kalau bagian tubuh paling penting dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain.

Nama bagian tubuh

Jika siku-tangan, telinga, kaki, kepala, dan bagin tubuh lainnya diperkenalkan orangtua dengan nama sebenarnya, tapi seringkali untuk bagian Mr P atau Miss V, orangtua memberi sebutan lain atau menggunakan istilah. Padahal, seharusnya orangtua memberitahu nama sebenarnya agar anak paham betul itu bagian tubuh mereka.

Interaksi fisik

Karena mereka masih kecil, tentu Anda atau orang lain sering memeluk dan mencium. Ketika sedang memeluk anak, katakan pada anak bahwa bila ada lawan jenis ketika mereka besar nanti memeluk, beri batasan bagian-bagian mana yang tidak boleh disentuh.

Jangan takut

Bila Anda takut, maka anak akan takut. Perspektif anak-anak sangat luar biasa, mereka mudah menyerap segala yang terjadi di sekitarnya. Jadi ketika menjelaskan tentang seks, orangtua tidak boleh takut dan cemas. Beri mereka informasi dengan tenang. Demikian dilansir Familyshare, Sabtu (10/10/2015).

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini