nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar Anak Alergi Susu Sapi Bisa Tumbuh Optimal

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2015 13:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 10 481 1229597 agar-anak-alergi-susu-sapi-bisa-tumbuh-optimal-DCoSMCbmhw.jpg Anak alergi tumbuh kembang optimal (Foto: Alergy)

MESKI anak dengan alergi susu sapi kesulitan mendapatkan nutrisi protein hewani dari sapi, pemberian nutrisi yang tepat bisa dilakukakan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Malnutrisi atau kekurangan nutrisi pada anak dengan masalah alergi susu sapi memang kerap ditemukan. Gangguan saluran cerna ini membuat anak sulit untuk makan sehingga komplikasi kurang gizi bisa terjadi, yang biasanya ditandai dengan lambatnya pertambahan tinggi dan berat badan.

"Nutrisi yang tepat dan lengkap menjadi dasar bagi tumbuh kembang yang optimal. Di antaranya adalah protein untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh serta bahan pembentuk hormon, enzim, antibodi, dan zat besi untuk peningkatan konsentrasi, kecerdasan, pengendalian diri dan emosi, penerimaan dan pemrosesan informasi, serta daya ingat," tutur dr Anna Tjandrayani, SpA(K), pakar tumbuh kembang dalam acara seminar "Penanganan Tepat untuk Anak dengan Alergi Susu Sapi" di RSAB Harapan Kita, Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

Oleh karena itu, kesulitan anak dengan alergi susu sapi untuk memenuhi kebutuhan protein yang penting bagi tumbuh kembang mereka harus bisa diatasi dan disiasati. Pemberian susu isolat protein kedelai bisa membantu menangnani masalah anak yang alergi dengan susu sapi dan semua produk turunannya.

"Penanganan dasar dan efektif untuk alergi protein susu sapi adalah dengan menghindari protein susu sapi atau produk turunannya. Susu dengan isolat protein kedelai dapat dijadikan pilihan yang aman untuk penanganan anak dengan alergi protein susu sapi, karena dapat ditoleransi dengan baik dan rasanya enak," tambah dr Zakiudin Munasir, SpA(K), konsultan ahli Alergi-Imunologi dari RSCM, pada kesempatan yang sama.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini