nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Langsing Usai Melahirkan? Coba Saja Ini!

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2015 21:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 12 481 1230745 ingin-langsing-usai-melahirkan-coba-saja-ini-sRK9WviGQU.jpg Tampil langsing usai melahirkan (Foto: Shutterstock)

TUBUH setelah melahirkan bisa menjadi terlihat mengerikan bagi banyak ibu. Tak heran banya wanita yang telah melahirkan bimbang apakah mereka boleh melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Namun, tentu saja itu dapat berisiko.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Inge Permadhi, MS, SpGK, mengatakan, ibu hamil sebaiknya tidak melakukan diet dengan mengurangi kalori. Kalori dan nutrisi penting tetap harus diperhatikan setelah kelahiran karena ibu memasuki tahap penting lainnya, yaitu menyusui.

"Ibu yang baru melahirkan sebaiknya tidak diet ketat. Ibu baru masih perlu cukup kalori untuk kebutuhan dirinya dan si bayi. Kalau makan atau kalori dikurangi mereka bisa stres atau ASI menjadi terpengaruh," jelasnya, saat ditemui di Jakarta.

Sementara itu, menurut dr Inge, kegiatan menyusui bisa menjadi semacam diet alami. Diet khusus kemudian bisa dilakukan sesudah melewati enam bulan pasca-melahirkan, kata dr Inge.

"Kalau ingin membentuk badan yang baik yang terpenting dengan aktivitas fisik dan jangan makan berlebihan," tutup dr Inge.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini