Ke Madura Jangan Lupa Makan Nasi Jagung

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2015 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 16 298 1232847 ke-madura-jangan-lupa-makan-nasi-jagung-n4w6IntCxe.jpg Nasi jagung khas Madura (Foto:Dinno/Okezone)

BILA di daerah Jawa Barat terkenal akan nasi tutug oncom dan Jawa Tengah populer akan nasi liwetnya. Untuk daerah Jawa Timur, khususnya Madura, nasi jagung menjadi panganan khas masyarakat Madura.

Nasi jagung ini sedikit berbeda dengan nasi biasanya lantaran penggunaan jagung sebagai tambahan. Saat diolah, umumnya beras dicampurkan dengan jagung yang ditumbuk kasar dan dimasak bersamaan.

Sehingga dari tampilan saja sudah terlihat perbedaannya. Nasi jagung memiliki corak kuning dari campurang jagung yang dimasak dengan nasi putih.

"Nasi jagung bukan berarti nasinya dari jagung. Tapi jagung dimasak bareng sama nasi, sehingga disebut nasi jagung," kata Bondan Winarno, Pakar Kuliner Indonesia kepada Okezone di Jakarta.

Nasi jagung kerap menjadi panganan khas masyarakat Madura. Karena itu banyak masyarakat sekitar mengungkapkan jika belum makan nasi jagung, rasanya seperti belum makan.

"Orang Madura kalau belum makan jagung katanya belum kenyang," tambah Bondan.

Nasi jagung juga memiliki rasa yang sedikit manis. Meski demikian, cara menikmati nasi jagung sama seperti nasi uduk, yakni dinikmati bersama dengan beragam lauk. Seperti ikan asin, urap, telur petis, kerupuk, ayam sayur lodeh, peyek, pepes, atau juga sambal.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini