nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siasati Bekal si Kecil agar Tak Jajan Sembarangan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2015 18:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 22 298 1236385 siasati-bekal-si-kecil-agar-tak-jajan-sembarangan-iqI70NmEr5.jpg Sandwich untuk bekal si kecil (Foto:Groupon)

DARI tahun ke tahun, imej jajanan kaki lima yang ada di sekolah dasar selalu buruk di mata masyarakat. Tapi, jajanan tersebut tak bisa dihindari.

Mulai dari warna makanan, rasa, hingga bentuknya memang sangat menarik perhatian siswa-siswi sekolah dasar. Yang jadi permasalahannya adalah kita tidak tahu bahan baku serta tingkat keamanan bahan baku tersebut jika terus dikonsumsi anak-anak.

Karena itu, butuh peran orang tua agar si kecil tidak sembarangan. Salah satunya adalah membiasakan untuk bawa bekal sendiri dari rumah.

"Kami prihatin melihat kondisi jajanan di sekolah. Tapi yang jelas kami menyarankan untuk memberi makanan dari rumah saja (bawa bekal-red)," kata Chef Sabir Mappakaya, perwakilan Association of Culinary Professionals Indonesia (APCI) kepada Okezone di Jakarta.

Dengan membawa bekal dari rumah, kualitas makanan yang dikonsumsi si kecil dapat terkontrol dengan baik. Kata Chef Sabir, inovasi dalam mengolah makanan agar si kecil mau makan bekal tersebut sangatlah penting.

"Enggak ada salahnya orang tua juga bikin sesuatu yang disuka anak untuk dijadikan bekal," tambahnya.

Membuat makanan lezat dan sehat itu sebenarnya tidak mudah dan tidak mahal. Kita bisa berkreasi dengan bahan makanan yang ada di kulkas.

"Enggak perlu yang susah-susah. Bikin makanan yang malam dibuat, pagi sebelum anak berangkat sekolah tinggal diolah sebentar dan dijadikan bekal untuk sekolah," ungkap Chef Sabir.

Salah satu contoh makanan yang mudah dibuat, seperti siapkan roti, lalu pagi hari tambahkan telur dan sayuran. Sajian sandwich untuk bekal si kecil sudah siap dibungkus dan disantap saat di sekolah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini