Ini Manfaat Jadikan Puasa sebagai Gaya Hidup

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2015 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 23 481 1236782 ini-manfaat-jadikan-puasa-sebagai-gaya-hidup-Rc8oj0AwID.jpg Manfaat puasa dijadikan gaya hidup (Foto: Yourwightloss)

PUASA telah dijadikan sebagai praktik beberapa agama sejak zaman nenek moyang dulu. Tapi, praktik di mana manusia berhenti makan dan minum selama beberapa waktu dapat menjadi gaya hidup sehaat di zaman modern seperti sekarang.

Banyak penelitian telah menyarankan praktek puasa sebagai gaya hidup sehat karena banyak manfaat positifnya terhadap kesehatan fisik dan mental kita. Baik Anda melakukan puasa sebagai kewajiban atau bukan, berikut adalah beberapa manfaat berpuasa yang perlu Anda ketahui, sebagaimana dilansir dari Zeenews, Jumat (23/10/2015).

Puasa teratur beberapa jam sehari

Puasa, yang diatur waktunya selama beberapa belas jam per hari secara teratur, dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan, bahkan membuat umur Anda bertambah.

Namun, ini harus dijalani dengan pengaturan diet yang tepat, karena tujuan Anda adalah mengistirahatkan sistem tubuh, khususnya pencernaan. Puasa dengan cara teratur seperti demikian akan meningkatkan energi pada sistem metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien.

Puasa juga dapat meningkatkan fungsi otak karena puasa memicu produksi brain-derived neurotrophic factor (BDNF), satu protein yang dapat mempengaruhi fungsi otak dan juga sistem saraf periferal.

Penelitian bahkan menyebutkan bahwa puasa lima hari selama sebulan bisa mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan peradangan yang bisa menyebabkan berbagai masalah kronis. Puasa juga membantu membersihkan tubuh, termasuk menjaga kulit tetap bersih karena pembuagan racun atau toksin dapat terbantukan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini