Dokter Kecil Dibekali Batasan Gula, Garam & Lemak

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2015 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 26 481 1238352 dokter-kecil-dibekali-batasan-gula-garam-lemak-jApLWsF6mY.jpg Dokter kecil dibekali batasan GGL (Foto: Dewi/Okezone)

GIZI seimbang sangat dibutuhkan oleh semua manusia, termasuk anak-anak. Tak mau ketinggalan para dokter cilik yang sedang menjalani karantina pun dibekali materi piramida makanan yang mudah dipahami.

Dikatakan Penanggung Jawab Dokter Cilik Award 2015 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Tirta Prawitasari SpGK, anak-anak harus menjadi agent of change untuk memberi tahu kepada teman-teman di sekolahnya, dan keluarganya di rumah mengenai menu makanan gizi seimbang.

"Kami mengenalkan konsep panduan gizi seimbang dan sebenarnya bukan empat sehat lima sempurna. Mereka harus paham karena kebutuhan makan kita beraneka ragam jenisnya dan jumlahnya harus sesuai dengan aktivitas mereka," ujar dr Tirta kepada Okezone di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2015).

Lebih lanjut, dia menambahkan, para dokter cilik yang mengikuti karantina kegiatan outbond itu juga dibekali tentang batasan asupan gula, garam dan lemak (GGL).

"Ada juga materi lain yaitu tentang pembatasan asupan GGL. Caranya kita ajarkan mereka membaca nutrisi food label dengan benar," terangnya.

Selama mengikuti materi, menurut dr Tirta, anak-anak sudah banyak yang memahami semua materi asupan makanan yang diajarkan oleh tim dari IDI.

"Surprisingly anak-anak sangat antusias mengikuti materi. Mereka juga tahu banyak apa itu asupan gizi seimbang yang tepat. Jadi ya ngajarinnya gampang, karena sebelumnya mereka juga melewati tahap seleksi di daerahnya," simpul dia.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini