Apa Manfaat Keringat bagi Tubuh Kita?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2015 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 28 481 1239500 apa-manfaat-keringat-bagi-tubuh-kita-LxW2gYQRXX.jpg Apa manfaat keringat bagi tubuh kita (Foto: Wisegeek)

SETIAP kita bergerak pasti akan mengeluarkan keringat. Tapi banyak orang yang takut karena merasa risih atau malu berhadapan dengan banyak orang. Sebenarnya keringat itu penting gak sih bagi tubuh kita?

Dijelaskan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Grace Tumbelaka SpKO, manusia memang harus berkeringat. Karena keringat sangat berrfungsi memberi perlindungan penting bagi tubuh kita

"Keringat dapat mendinginkan suhu tubuh kita yang panas akibat banyak bergerak. Sementara suhu panas di tubuh harus di dinginkan," ujar dr Grace usah peluncuran Rexona MotionSense di Atrium F3 FX Senayan, Jakarta, Rabu (28/10/2015).

dr Grace menambahkan, apabila tubuh kita bergerak mulai dari intensitas sederhana sampai kompleks hingga intensitas rendah ke tinggi, tanpa disadari tubuh kita pasti mengeluarkan keringat.

"Saat tubuh kita bergerak dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan metabolisme tubuh lebih tinggi karena melibatkan aktivitas otot lebih banyak dan keringat pun keluar banyak," terangnya.

Maka tak heran, usai kita berolahraga, mengejar bis atau bahkan berjalan kaki di bawah terik matahari yang panas, tubuh kita otomatis mengeluarkan keringat berlebihan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini