nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Pasien Diabetes Sembuh berkat Terapi Stem Cell

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2015 20:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 28 481 1239687 cerita-pasien-diabetes-sembuh-berkat-terapi-stem-cell-JHjCgxXcov.jpg Kisah penderita diabetes sembuh karena stem cell (Foto: Hindustantimes)

TERAPI stem cell atau sel punca telah terbukti dapat menyembuhkan masalah diabetes. Terapi ini tidak hanya mengurangi beban kesakitan pasien diabetes, tetapi juga beban biaya yang sering dikeluhkan untuk terapi pengobatan.

Musa Asy'arie, salah satu Guru Besar Filsafat di UIN, Yogyakarta diketahui mengidap diabetes 10 tahun yang lalu. Ia mengakui, keganasan Ibukota yang memicu stres dan pola makan tidak teratur adalah penyebab penyakit gula darah yang nyaris membuatnya putus asa.

“Saya menganggap diabetes saya tidak bisa diobati. Gula darah saya bisa 200 lebih, tapi setelah diobati dengan berbagai dokter selalu tetap di atas 150,” tutur mantan staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, bidang sosial budaya dan peran masyarakat, Kabinet Indonesia Bersatu ini.

Pria berusia 63 tahun ini kemudian mendengar bahwa Mahfud MD (yang pernah menjadi Ketua MK) mengikuti terapi stem cell di Universitas Airlangga. Setelah menjalani terapi stem cell di RS Dr Soetomo, Surabaya, yang secara resmi ditunjuk pemerintah sebagai rumah sakit penyedia layanan sel punca berbasis penelitian.

“Sebelumnya pankreasnya saya hanya berfungsi 30 persen, tapi setelah stem cell membaik nyaris 100 persen. Gula darah juga bisa turun, bahkan sampai angka 120. Pengobatan diabetes sebelumnya pun juga banyak berkurang. Saya merasa banyak manfaat yang saya rasakan,” ungkapnya yang harus menjalani tiga kali terapi sel punca.

Profesor yang kini mulai kembali produktif dalam melakukan kegiatan menulis juga mengakui tubuhnya terasa lebih muda. Ia juga mengaku melihat hasil cek kadar gula darah pun menjadi tidak menakutkan lagi. “Mudah-mudahan saya bisa menjadi lebih baik meski usia sudah lanjut,” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini