nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabut Asap Bikin Turis Takut ke Indonesia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2015 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 29 406 1240415 kabut-asap-bikin-turis-takut-ke-indonesia-l20mrawlEA.jpg Kabut asap rugikan pariwisata (Foto: Okezone)

BENCANA kabut asap berbahaya dan merugikan turis domestik maupun turis asing, sehingga berimbas pada pariwisata Indonesia sendiri.

Hingga kini kabut asap masih belum hilang dari wilayah Sumatera dan Kalimantan. Sebagai salah satu keluarga korban kabut asap, vokalis band Govinda, Ifan menyayangkan kabut asap yang sudah berlangsung sejak sekira empat bulan yang lalu.

Di kampung halamannya, Pontianak, kabut asap masih menyelimuti hingga saat ini. Ifan pun takut citra pariwisata Indonesia menjadi negatif di mata turis asing.

“Pastinya takut. Kalau mereka nekat juga tetap mau datang, toh enggak bisa karena aksesnya tidak ada. Karena bandara banyak banget yang non-aktif,” tutur Ifan kepada Okezone, Jumat 30 Oktober 2015.

Lebih lanjut, Ifan mengatakan bahwa kabut asap ini sudah sangat merugikan di segala bidang. Tak hanya dalam bidang pariwisata, bahkan bisa mengancam kehidupan manusia.

“Kebutuhan utama kita untuk bernafas saja sangat sulit, bagaimana kita mau memikirkan kegiatan yang lain,” ujar Ifan.

Keluarga Ifan di Pontianak pun sampai saat ini masih menjadi korban kabut asap di Pontianak. Aktivitas lumpuh akibat kabut asap, bahkan beberapa kegiatan ditutup yang menyebabkan perekonomian masyarakat menurun drastis.

“Sekolah diliburkan, banyak warung, toko dan pasar yang mengurangi jam operasionalnya karena sepi pengunjung. Masyarakat lebih memilih stay di rumah,” tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini