nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Ini Pentingnya Mengajarkan Anak Memasak

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2015 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 30 298 1240811 moms-ini-pentingnya-mengajarkan-anak-memasak-YJWBEpyqr3.jpg Mengajarkan anak memasak (Foto:Google)

JANGAN anggap remeh perihal edukasi memasak buat si kecil. Pasalnya, edukasi seperti ini berperan penting untuk tumbuh kembang anak.

Melihat perkembangan dunia kuliner saat ini bisa jadi hal yang mengkhawatirkan. Pasalnya, makanan serba instan mudah ditemukan, termasuk pada makanan yang hendak dikonsumsi si kecil.

Semua orang tahu, makanan serba instan itu terkadang tak lepas dari bahan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Karena itu, edukasi memasak ini penting diterapkan sedini mungkin.

"Saat ini sudah seperti kita diterpa sama makanan serba instan. Tentu hal tersebut tidak baik untuk tumbuh kembang anak. Maka dari itu beri edukasi tentang memasak pada si kecil," kata Chef Temmy, anggota dari Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI) kepada Okezone di Jakarta.

Perlu diketahui, edukasi memasak buat si kecil tidak sekadar mengajarkan anak tentang bagaimana cara mengolah dan mengonsumsi makanan dengan baik. Karena usia yang masih sangat muda, kenalkan dulu tentang pengetahuan seputar bahan-bahan apa saja dan cara mengolah makanan yang baik dikonsumsi atau tidak.

"Jika mereka sudah mengenal, maka ke depannya mereka juga akan peduli dengan apa yang hendak dikonsumsi," tambah Chef Temmy.

Chef Temmy juga mengatakan, proses pengenalan aneka bahan makanan yang baik dikonsumsi tentu akan lebih baik jika dilakukan bersama. Satu contoh kecilnya, Anda bisa mengajak anak untuk memasak bersama dan beri tugas-tugas ringan, seperti memilih bahan makanan dan edukasi tentang nutrisi dan manfaat baiknya bila dikonsumsi.

"Kalau sejak dini sudah terbentuk pola pikir, makanan mana yang baik dikonsumsi dan tidak. Nanti saat dewasa pola pikir itu akan terbentuk dan menjadi gaya hidupnya," tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini