nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usia Tepat Ajarkan si Kecil Memasak

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2015 19:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 30 298 1240910 usia-tepat-ajarkan-si-kecil-memasak-06VneyCeyh.jpg Anak memasak (Foto:Imgkid)

MEMASAK punya banyak pengaruh positif untuk perkembangan si kecil. Pasalnya, kegiatan ini dapat mengasah kreatifitas, percaya diri, dan hidup mandiri.

Karena itu, edukasi memasak untuk si buah hati penting diterapkan sedini mungkin. Lantas berapa usia yang tepat untuk ajarkan anak memasak?

Timotius Agus Rahmat atau lebih akrab disapa Chef Temmy, anggota dari Asociation of Culinary Professionals Indonesia (ACPI) mengatakan, usia yang tepat untuk ajarkan si kecil memasak itu berkisar antara lima sampai 10 tahun.

“Pertama ya harus diperhatikan kesiapan anak juga. Bukan berarti kalau anak lagi enggak mau masuk di dapur terus dipaksakan. Tapi idealnya mereka bisa menyerap pengetahuan sekira lima sampai tujuh tahun,” ungkap Chef Temmy kepada Okezone di Jakarta.

Kendati demikian, agar berbagai pengetahuan mudah diserap oleh si kecil, maka penerapannya juga harus disesuaikan dengan usia anak dan harus hati-hati serta perlu pengawasan.

“Ketika si kecil memang sudah siap, ajarkan hal-hal ringan. Seperti menimbang, mengaduk dan kenalkan aneka bahan makanan. Namun perlu juga batasan-batasan mana yang tidak disarankan untuk dilakukan si kecil,” paparnya.

Seiring usia bertambah, pengalaman ketika memasak dapat ditingkatkan. Meski demikian, mengajarkan anak memasak tetap harus perlu pengawasan dari orang tua.

“Jika sudah diajarkan sejak dini. Saat dewasa nanti banyak manfaat yang akan terasa,” tutup dia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini