nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Hal Langka Jawa Tengah Bikin Betah Turis

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 01 November 2015 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 30 406 1240863 tiga-hal-langka-jawa-tengah-bikin-betah-turis-tmOqLXLtsQ.jpg Candi Borobudur dikelilingi desa wisata (Foto: indonesiatourism)

JAWA Tengah menjadi pintu masuk turis asing ke Indonesia. Pemerintah Jawa Tengah berupaya membuat turis asing lebih lama tinggal.

Bandara Adi Sumarmo di Solo dan Bandara Achmad Yani di Semarang memang menjadi pintu masuk utama turis yang ingin berkunjung ke Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Ariwibowo mengatakan Jawa Tengah (Jateng) berupaya agar turis asing tinggal lebih lama untuk traveling.

"Untuk turis asing tinggal lebih lama, kita punya 20 desa wisata di sekitar Candi Borobudur. Dari 20 desa wisata, ada sekira lima desa wisata yang sudah aktif," ujarnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Selain itu, menurut Prasetyo Ariwibowo industri perhotelan di Magelang terus tumbuh sebagai akomodasi turis yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur. Sehingga, turis yang ingin berkunjung ke candi termegah di Asia Tenggara tersebut tidak perlu menginap di Yogyakarta.

"Dalam dua sampai tiga tahun belakangan ini industri perhotelan di Magelang sudah mulai tumbuh. Jadi, akomodasi tidak hanya hotel-hotel, tetapi juga desa wisata. Selain itu, wisata adventure dan kuliner juga dipersiapkan agar turis tinggal lebih lama di Magelang," tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini