Enam Perabotan Dapur Ini Harus Diganti Berkala

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2015 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 31 298 1241259 enam-perabotan-dapur-ini-harus-diganti-berkala-SLB3qkuNaD.jpg Perabotan dapur (Foto: foodnetwork)

PERABOTAN yang ada di dapur tak selamanya dapat digunakan. Perabotan ini juga memiliki masa berlaku dan harus diganti bila sudah tidak berfungsi dengan baik. Sebagaimana dilansir dari Purewow, berikut enam perabotan dapur yang harus diganti secara berkala, Sabtu (31/10/2015).

Sendok kayu

Batas maksimal penggunaan sendok kayu adalah lima tahun. Jangan biarkan sendok kayu terlalu lama digunakan. Pasalnya, jika sudah terlalu lama digunakan, sendok kayu akan berubah warna dan mengalami keretakan. Sendok kayu yang retak ini dikhawatirkan dapat menjadi sumber bakteri E. coli dan tidak baik untuk kesehatan.

Spatula plastik

Spatula juga merupakan perabotan dapur yang harus diganti berkala. Spatula rentan retak, tergores, atau bahkan meleleh. Seperti diketahui, spatula terbuat dari plastik dan dikhawatirkan bisa mencemari makanan yang hendak dimasak. Waktu ideal penggunaan spatula sekira dua tahun.

Pisau kecil

Pisau kecil mudah sekali tumpul. Sebenarnya, pisau ini bisa diasah kembali agar tetap tajam. Meski demikian, tetap saja ada baiknya bila mengganti pisau kecil di dapur Anda setiap dua tahun agar dapat berfungsi secara maksimal.

Panci antilengket

Panci antilengket sudah seharusnya diganti ketika fungsinya sudah tidak lagi antilengket. Penyebabnya tentu saja terdapat goresan dalam pada panci tersebut. Biasakan menyimpan atau mencucinya dengan benar. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan tisu yang diselipkan di antara panci dengan perabotan lainnya jika panci ini ditumpuk.

Talenan plastik

Ganti talenan berbahan plastik yang Anda miliki setiap tiga tahun sekali. Talenan ini rentan sekali tergores akibat proses pemotongan. Hal ini dapat menyisakan sisa bahan makanan dan talenan bisa menjadi sarang bakteri.

Tabung blender

Tabung blender juga tidak dapat digunakan selamanya. Meski hal tersebut tergantung kualitas bahan yang digunakan. Tabung ini juga dapat menyimpan banyak bakteri bila tidak diperlakukan dengan benar. Sementara itu, pisau blender juga sebaiknya langsung diganti bila sudah tidak tajam lagi.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini